Apa itu Blog, Blogging, dan Blogger?
Apa Fungsi dan Manfaat Dari Blog?
1. Sebagai Ruang Berbagi
Blog dapat dijadikan sebagai media berbagi informasi, pengetahuan, wawasan, pandangan atau perspektif, pengalaman, minat, dan sebagainya. Hal ini tentunya tidak hanya menjadikan blog sebagai media informasi saja melainkan juga dapat berfungsi sebagai media interaksi antara blogger dengan pembaca sehingga masing-masing akan memperoleh pengetahuan baru, dan umpan balik yang konstruktif.
2. Sebagai Sarana Penghasilan
Blog dapat dijadikan sebagai sarana penghasilan karena blog yang telah terdaftar pada Google Adsense akan menampilkan iklan-iklan bisnis yang akan memberikan fee pada blog kita. Selain itu, melalui keterampilan blog ini seorang blogger juga dapat menjadi guest writer (penulis tamu) atau berafiliasi dengan beberapa blogger lainnya sehingga kita dapat memperoleh pendapatan tambahan.
3. Sebagai Sarana Penyaluran Hobi Menulis
Blog dapat menjadi media penyaluran hobi menulis bagi seorang blogger yang gemar menulis terkait berbagai konten tulisan, baik yang bersifat akademik ataupun non-akademik. Dengan membiasakan blogging, keterampilan menulis seroang blogger tersebut nantinya juga akan terasah. Selain itu, blog juga dapat menjadi media refleksi menulis karena berbagai artikel yang telah dituliskan pada blog pasti akan mendapatkan saran dan kritik dari pembaca.
4. Sebagai Sarana Publikasi
Blog dapat dijadikan sebagai sarana publikasi gratis. Hal ini dikarenakan tulisan atau artikel yang telah dibuat akan diakses dan di-review oleh para pembaca di seluruh dunia. Kemudian, seorang blogger juga dapat menceritakan dan berbagai informasi dan konten terbaru terkait dirinya, lingkungannya, atau dunia di sekitarnya.
5. Sebagai Portofolio Online
Blog dapat menjadi media portofilio online karena seorang blogger mungkin menceritakan hal-hal yang bersifat personal, seperti tentang hidup, minat atau hobi, keluarga, proyek pekerjaan, refleksi diri dan sebagainya pada blog yang dimilikinya.
6. Sebagai Sarana Branding
Blog dapat dijadikan sebagai media branding yaitu mengenalkan kualitas dan karakter dari seorang blogger tersebut. Hal ini tentunya akan menjadikan sebuah relasi yang luas antara seorang blogger dengan follower-nya. Dengan berbagai informasi, pengetahuan, wawasan, pandangan atau perspektif, pengalaman, minat, dan sebagainya, yang dibagikan maka akan menjadikan blogger tersebut sebagai influencer (pemberi pengaruh) yang berdampak bagi pembaca. Kemudian, hal ini akan membangun personal-branding pada diri blogger tersebut.
7. Sebagai Media Promosi Produk atau Jasa
Blog dapat dijadikan sebagai media komersial atau bisnis. Hal ini dikarenakan sebuah peruhaan, blogger, ataupun bisnis dapat menjadikan artikel atau tulisan pada blog sebagai media pemasaran atau promosi produk atau jasa. Dengan digunakannya blog sebagai media promosi, maka target pasar dan peluang konsumen atau klien akan semakin luas, merata, dan banyak.
Apa Saja Jenis Blog?
1. Blog Pribadi
2. Blog Niche
- Traveling. Blog ini menceritakan tentang perjalanan blogger, dan biasanya disertai dengan tips dan panduan perjalanan.
- Fashion. Blog ini membahas tentang tren fashion atau gaya berpenampilan terkini, seperti baju, styling, tips dan barang-barang seputar fashion.
- Kesehatan dan kebugaran. Blog ini umumnya memuat artikel atau tulisan dengan topik seputar latihan, resep bergizi tinggi, tips menjaga kesehatan mental, dan sebagainya.
- Makanan. Blog ini biasanya membahas tentang berbagai resep, ulasan restoran, ulasan alat-alat dapur, dan hal-hal yang berkaitan dengan makanan, dapur, dan memasak.
- Keuangan pribadi. Blog ini memusatkan pada topik keuangan, seperti manajemen keuangan, mulai dari tips budgeting, ide usaha sampingan, dan sebagainya.
- Lifestyle/gaya hidup. Blog ini mengkombinasikan beberapa topik yang menjadi minat seorang blogger, seperti fashion dengan kecantikan, atau makanan dengan traveling.
3. Blog Perusahaan atau Bisnis
4. Blog Afiliasi
5. Reverse Blog
Bagaimana Struktur Blog?
- Header. Bagian ini merupakan tempat kolom navigasi berada, yang biasanya terdapat di bagian atas blog. Bagian ini pada umumnya mempuat label atau menu dan sub-menu blog, menu pencairan, dan sebagainya.
- Content Area. Bagian ini merupakan tempat postingan, baik berupa artikel atau tulisan, foto, video, dan sebagainya yang menjadi isi dari blog itu sendiri. Bagian ini umumnya terletak di bagian tengah blog.
- Sidebar. Bagian ini merupakan tempat beberapa informasi tambahan pada samping kanan atau kiri blog, seperti profil, media sosial, author, postingan terpopuler, pengikut, pelanggan, arsip, dan sebagainya. Informasi tambahan ini diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari seorang blogger.
- Footer. Bagian ini merupakan tempat informasi, seperti kebijakan privasi, disclaimer, dan informasi kontak, dan sebagainya. Bagian ini umumnya terletak di bagian bawah blog.
Referensi
- https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-blog diakses pada tanggal 16 November 2021
- https://www.niagahoster.co.id/blog/blog-adalah/ diakses pada tanggal 16 November 2021
Demikian tadi seputar informasi terkait Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Struktur Tampilan Blog. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita terkait dunia blog. Terima kasih : )
Posting Komentar
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."