Part 1 Mengenal Blog

      
    Blog: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Struktur Tampilan

     
    Hi, sobat! Tahukah kamu apa itu blog?
    Blog berasal dari singkatan “Weblog”. Blog merupakan salah satu aplikasi web yang memuat tulisan-tulisan atau artikel dengan berbagai topik, seperti pendidikan, ekonomi, sosial, olahraga, dan sebagainya yang dapat diakses oleh para pengguna internet di seluruh dunia.  Sementara itu, para bloger, orang yang aktif dalam membuat dan mengembangkan blog, dapat berbagi bermacam informasi baik tulisan, video, gambar, dan lain-lain melalui web blog mereka.
    Blog dapat dikembangkan oleh seorang blogger secara individu atau kelompok. Selain itu, tidak hanya memuat artikel atau tulisan, blog juga dilengkapi dengan fitur kolom komentar sehingga para pembaca atau pengguna blog dapat memberikan tanggapan berupa kritik dan saran terhadap artikel yang di-posting. Kemudian, blog juga dapat dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya yang lebih lengkap di antaranya yaitu follower, subscriber, link list, dan lain-lain, yang menghubungkan blog dengan media social lainnya, seperti Instagram, twitter, youtube, facebook, dan sebagainya.
    Dewasa ini, blog tidak hanya dimanfaatkan sebagai media interaksi dan berbagi informasi atau wawasan, melainkan juga digunakan sebagai media untuk memperoleh penghasilan atau bisnis, seperti media promosi atau juga blog yang sudah terinisiasi oleh “Google Adsense” dan di-monetisasi. Google Adsense merupakan program kerjasama penyedia jasa periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.
     

    Apa itu Blog, Blogging, dan Blogger?

    Blog merupakan media informasi berbasis website atau jurnal online yang berisi tentang berbagai informasi, pengetahuan, dan wawasan yang memuat artikel atau tulisan, foto, video dan sebagainya dengan konten-konten tertentu. Sementara itu, blogger merupakan seseorang yang membuat dan memiliki blog yang berperan mengelola blognya, membagikan informasi, pengetahuan, pandangan serta wawasannya melalui artikel atau tulisannya kepada audiens untuk tujuan pribadi ataupun komersial (bisnis). Blogging merupakan serangkaian aktivitas dalam mengelola blog, seperti menulis, memperbarui, mengedit, merubah, dan menambahkan elemen-elemen lainnya, seperti foto, video dan lain-lain pada konten atau tampilan blog
     

    Apa Fungsi dan Manfaat Dari Blog?

    Blog memiliki fungsi dan manfaat yang dapat diperoleh dari blog di antaranya yaitu:

    1. Sebagai Ruang Berbagi

    Blog dapat dijadikan sebagai media berbagi informasi, pengetahuan, wawasan, pandangan atau perspektif, pengalaman, minat, dan sebagainya. Hal ini tentunya tidak hanya menjadikan blog sebagai media informasi saja melainkan juga dapat berfungsi sebagai media interaksi antara blogger dengan pembaca sehingga masing-masing akan memperoleh pengetahuan baru, dan umpan balik yang konstruktif.

     

    2. Sebagai Sarana Penghasilan

    Blog dapat dijadikan sebagai sarana penghasilan karena blog yang telah terdaftar pada Google Adsense akan menampilkan iklan-iklan bisnis yang akan memberikan fee pada blog kita. Selain itu, melalui keterampilan blog ini seorang blogger juga dapat menjadi guest writer (penulis tamu) atau berafiliasi dengan beberapa blogger lainnya sehingga kita dapat memperoleh pendapatan tambahan.

     

    3. Sebagai Sarana Penyaluran Hobi Menulis

    Blog dapat menjadi media penyaluran hobi menulis bagi seorang blogger yang gemar menulis terkait berbagai konten tulisan, baik yang bersifat akademik ataupun non-akademik. Dengan membiasakan blogging, keterampilan menulis seroang blogger tersebut nantinya juga akan terasah. Selain itu, blog juga dapat menjadi media refleksi menulis karena berbagai artikel yang telah dituliskan pada blog pasti akan mendapatkan saran dan kritik dari pembaca.

     

    4. Sebagai Sarana Publikasi

    Blog dapat dijadikan sebagai sarana publikasi gratis. Hal ini dikarenakan tulisan atau artikel yang telah dibuat akan diakses dan di-review oleh para pembaca di seluruh dunia. Kemudian, seorang blogger juga dapat menceritakan dan berbagai informasi dan konten terbaru terkait dirinya, lingkungannya, atau dunia di sekitarnya.

     

    5. Sebagai Portofolio Online

    Blog dapat menjadi media portofilio online karena seorang blogger mungkin menceritakan hal-hal yang bersifat personal, seperti tentang hidup, minat atau hobi, keluarga, proyek pekerjaan, refleksi diri dan sebagainya pada blog yang dimilikinya.

     

    6. Sebagai Sarana Branding

    Blog dapat dijadikan sebagai media branding yaitu mengenalkan kualitas dan karakter dari seorang blogger tersebut. Hal ini tentunya akan menjadikan sebuah relasi yang luas antara seorang blogger dengan follower-nya. Dengan berbagai informasi, pengetahuan, wawasan, pandangan atau perspektif, pengalaman, minat, dan sebagainya, yang dibagikan maka akan menjadikan blogger tersebut sebagai influencer (pemberi pengaruh) yang berdampak bagi pembaca. Kemudian, hal ini akan membangun personal-branding pada diri blogger tersebut.

     

    7. Sebagai Media Promosi Produk atau Jasa

    Blog dapat dijadikan sebagai media komersial atau bisnis. Hal ini dikarenakan sebuah peruhaan, blogger, ataupun bisnis dapat menjadikan artikel atau tulisan pada blog sebagai media pemasaran atau promosi produk atau jasa. Dengan digunakannya blog sebagai media promosi, maka target pasar dan peluang konsumen atau klien akan semakin luas, merata, dan banyak.

     

    Apa Saja Jenis Blog?

    Terdapat beragam jenis blog yang populer digunakan saat ini di antaranya yaitu:

    1. Blog Pribadi

    2. Blog Niche

        Blog Niche merupakan blog yang memuat topik tertentu, yang berkaitan dengan bakat, minat, skill atau keterampilan, dan pengetahuan di bidang tertentu yang dimiliki oleh seorang blogger. Topik yang seringkali popular diusung pada blog ini yaitu:

    • Traveling. Blog ini menceritakan tentang perjalanan blogger, dan biasanya disertai dengan tips dan panduan perjalanan.
    • Fashion. Blog ini membahas tentang tren fashion atau gaya berpenampilan terkini, seperti baju, styling, tips dan barang-barang seputar fashion.
    • Kesehatan dan kebugaran. Blog ini umumnya memuat artikel atau tulisan dengan topik seputar latihan, resep bergizi tinggi, tips menjaga kesehatan mental, dan sebagainya.
    • Makanan. Blog ini  biasanya membahas tentang berbagai resep, ulasan restoran, ulasan alat-alat dapur, dan hal-hal yang berkaitan dengan makanan, dapur, dan memasak.
    • Keuangan pribadi. Blog ini memusatkan pada topik keuangan, seperti manajemen keuangan, mulai dari tips budgeting, ide usaha sampingan, dan sebagainya.
    • Lifestyle/gaya hidup. Blog ini mengkombinasikan beberapa topik yang menjadi minat seorang blogger, seperti fashion dengan kecantikan, atau makanan dengan traveling.

    3. Blog Perusahaan atau Bisnis

        Blog perusahaan atau bisnis merupakan blog bagian dari website perusahaan yang ditujukan untuk menarik pasar target dengan memposting konten-konten seputar bisnis, sarana promosi, sarana informasi tentang perubahan organisasi, tips dan materi seputar marketing perusahaan, media survey dan studi kasus klien, dan lain-lain.
     

    4. Blog Afiliasi

        Blog afiliasi merupakan blog yang berbentuk affiliate marketing, yaitu adanya kerjasama sebiah perusahaan dengan pihak ketiga dalam pemasaran dengan mempromosikan produk dan layanan melalui platform online. Umumnya, para pembaca akan Anda jumpai pada artikel blog beberapa ulasan produk, tips dan trik membeli produk, atau daftar produk terbaik dari sebuah perusahaan atau bisnis. Hal ini karena dalam blog afiliasi ini, seorang blogger berusaha untuk mengarahkan pembaca ke toko online suatu perusahaan atau bisnis agar membeli produk mereka.
     

    5. Reverse Blog

        Reverse blog merupakan blog yang mana dikelola oleh beberapa blogger. Biasanya, sebagian dari blogger tersebut sebagai penulis tamu atau guest writer yang bertugas untuk membuat konten tulisan. Sementara itu, pemilik blog bisa jadi tidak hanya menulis artikelnya sendiri, melainkan juga mengubah dan mengedit artikel yang ditulis oleh para penulis tamu untuk di-posting pada blognya. Oleh karena itu, penulis tamu atau guest writer tersebut umumnya dibayar untuk artikel yang telah mereka tulis.

    Bagaimana Struktur Blog?

        Tampilan blog tersusun atas beberapa struktur atau elemen utama. Hal ini bisanya disesuaikan dengan template atau tampilan, tujuan, dan fitur-fitur yang dikembangkan oleh blogger itu sendiri. Berikut ini bagian-bagian yang umum terdapat pada blog yaitu: 
    • Header. Bagian ini merupakan tempat kolom navigasi berada, yang biasanya terdapat di bagian atas blog. Bagian ini pada umumnya mempuat label atau menu dan sub-menu blog, menu pencairan, dan sebagainya.  
    • Content Area. Bagian ini merupakan tempat postingan, baik berupa artikel atau tulisan, foto, video, dan sebagainya yang menjadi isi dari blog itu sendiri. Bagian ini umumnya terletak di bagian tengah blog. 
    • Sidebar. Bagian ini merupakan tempat beberapa informasi tambahan pada samping kanan atau kiri blog, seperti profil,  media sosial, author, postingan terpopuler, pengikut, pelanggan, arsip, dan sebagainya. Informasi tambahan ini diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari seorang blogger. 
    • Footer. Bagian ini merupakan tempat informasi, seperti kebijakan privasi, disclaimer, dan informasi kontak, dan sebagainya. Bagian ini umumnya terletak di bagian bawah blog. 

    Referensi

        Demikian tadi seputar informasi terkait Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Struktur Tampilan Blog. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita terkait dunia blog. Terima kasih : )

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Lebih baru Lebih lama