Soal Penilaian Harian (PH) 2 Aswaja/Ke-Nu-an Kelas X SMA/MA/MAK Semester 1 Kurikulum 2013 Bab 2 Organisasi IPNU & IPPNU


    Soal Penilaian Harian (PH) 2 Aswaja/Ke-Nu-an
    Kelas X SMA/MA/MAK Semester 1 Kurikulum 2013
    Bab 2 Organisasi IPNU & IPPNU



    Pelajaran : Aswaja/Ke-NU-an
    Kelas : X (Sepuluh) 
    Semester : 1/ Ganjil 
    Materi : BAB 2 ORGANISASI IPNU IPPNU
    Tujuan Pembelajaran :
    Setelah proses pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
    Menjelaskan sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang pengkaderan IPNU-IPPNU
    Menjadi anggota IPNU-IPPNU

    A. Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih jawaban yang paling tepat di antara pilihan jawaban a, b, c, d, atau e!

    1. Sebelum terbentuknya IPNU, para pemuda Nahdlatul Ulama telah tergabung ke dalam beberapa organisasi ke-NU-an yaitu, kecuali ....
    A. Tsamratul Mustafidin 
    B. PERSANU 
    C. Ikatan Pelajar Seluruh Indonesia
    D. ITNO (Ijtimatul Tholabah NO
    E. PERPENO 

    2. Meskipun banyak sekali kelompok kepemudaan Islam, akhirnya ditetapkan organisasi IPNU dan IPPNU. Salah satu tujuan di bentuknya organisasi ini adalah ....
    A. Sebagai wadah kebersamaan, dan persatuan antara umat Islam yang memegang tradisi ahlussunah waljamaah
    B. Memperkuat ekoinomi umat Islam yang memegang tradisi ahlussunah waljamaah
    C. Sebagai wadah berpolitik bagi umat Islam yang memegang tradisi ahlussunah waljamaah
    D. Sebagai wadah keamanan umat Islam yang memegang tradisi ahlussunah waljamaah
    E. Sebagai wadah pertahanan antara umat Islam yang memegang tradisi ahlussunah waljamaah

    3. Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (IPPNU) adalah organisasi kepemudaan yang beranggotakan ....
    A. Pelajar
    B. Santri 
    C. Remaja 
    D. Pemuda 
    E. Dewasa

    4. Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) dibentuk dalam berdiri penyelenggaraan konferensi Besar Ma’arif Seluruh Indonesia di Semarang tepatnya pada tanggal ....
    A. 23 Februari 1954 
    B. 24 Februari 1954 
    C. 25 Februari 1954 
    D. 26 Februari 1954 
    E. 27 Februari 1954 

    5. Berikut ini yang tidak termasuk tokoh Nahdlatul Ulama yang mempelopori berdirinya IPNU adalah ....
    A. Tholha Mansyur 
    B. M. Sofyan Cholil
    C. Mustahal Achmad Masyhud 
    D. K.H. Ahmad Dahlan 
    E. A. Ghoni Farida

    6. Yang merupakan pendiri dan Ketua Umum pertama Pimpinan Pusat IPNU yaitu ....
    A. Tholha Mansyur 
    B. M. Sofyan Cholil
    C. Mustahal Achmad Masyhud 
    D. K.H. Ahmad Dahlan 
    E. A. Ghoni Farida

    7. Dalam penyelenggaraan kongres pertama IPNU di Malang, terbentuklah organisasi IPPNU yang ditetapkan pada tanggal .... 
    A. 1 Maret 1955 
    B. 2 Maret 1955 
    C. 3 Maret 1955 
    D. 4 Maret 1955 
    E. 5 Maret 1955 

    8. Yang merupakan pendiri dan Ketua Umum pertama Pimpinan Pusat IPPNU yaitu ....
    A. Tholha Mansyur 
    B. M. Sofyan Cholil
    C. Mustahal Achmad Masyhud 
    D. Umroh Mahfudzoh
    E. A. Ghoni Farida

    9. Perhatikan beberapa fungsi organisasi IPNU dan IPPNU berikut ini!
    1) wadah berhimpunnya para pelajar NU untuk melanjutkan semangat NU, 
    2) menjalin hubungan dan menggalang ukhuwah islamiyah dalam  mengembangkan syariat Islam 
    3) menjadi tempat kaderisasi pelajar NU sebagai kader-kader bangsa di masa yang akan datang.
    4) Membekali pelajar seluruh Indonesia pengetahuan dan pengalaman berorganisasi.
    5) Menjadi tempat bagi bangsa Indonesia untuk menggalang persatuan dan kesatuan.
    Yang termasuk fungsi organisasi IPNU dan IPPNU yang tepat adalah ....
    A. 1, 2, dan 3
    B. 2, 3, dan 4
    C. 3, 4, dan 5
    D. 1, 3, dan 4
    E. 2, 3, dan 5

    10. Arah perjuangan dan wawasan IPNU dan IPPNU antara lain, kecuali ....
    A. Wawasan Kebangsaan
    B. Wawasan Keislaman
    C. Wawasan Keilmuan
    D. Wawasan Kepolitikan
    E. Wawasan Kekaderan

    11. Wawasan kebangsaaan organisasi IPNU dan IPPNU yaitu, kecuali ....
    A. Berjiwa demokratis
    B. mengakui keanekaragaman sosial budaya
    C. menjujung tinggi persatuan dan kesatuan 
    D. menghargai harkat dan martabat manusia
    E. amar makruf nahi munkar

    12. Wawasan yang menempatkan organisasi dan anggota pada pemantapan diri sebagai pusat keutamaan pemberdayaan sumber daya manusia yang terdidik merupakan pengertian dari wawasan .... organisasi IPNU dan IPPNU.
    A. Kebangsaan
    B. Keislaman
    C. Keilmuan
    D. Kekaderan
    E. Keterpelajaran

    13. Tatanan nilai keagamaan dan sikap dasar yang harus dipedomani anggota organisasi IPNU dan IPPNU adalah, kecuali ....
    A. Menjunjung tinggi nilai dan norma ajaran Islam
    B. Menjunjung tinggi sifat keikhlasan dalam berjuang
    C. Menjunjung tinggi persaudaraan, persatuan, serta kasih sayang
    D. Ikut serta membangun peradaban Islam lintas dunia yang lebih maju
    E. Meluhurkan akhlakul karimah dan menjunjung tinggi kejujuran dalam berpikir, bersikap dan bertingkah laku

    14. Perhatikan struktur kepemimpinan organisasi IPNU dan IPPNU sebagai berikut!
    1) Pimpinan Pusat 
    2) Pimpinan Wilayah
    3) Pimpinan Cabang
    4) Pimpinan Anak Cabang 
    5) Pimpinan Ranting 
    6) Pimpinan Komisariat
    Tata kepemimpinan dari tingkat yang tinggi ke rendah yaitu ....
    A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 
    B. 1 – 3 – 2 – 4 – 5 – 6 
    C. 1 – 4 – 5 – 6 – 3 – 2 
    D. 2 – 1 – 4 – 3 – 6 – 5
    E. 3 – 6 – 1 – 5 – 2 – 4 

    15. Tingkat kepemimpinan IPNU dan IPPNU di tingkat Provinsi dan berkedudukan di ibukota provinsi dengan masa khidmah 2 tahun yaitu ….
    A. Pimpinan Pusat 
    B. Pimpinan Wilayah
    C. Pimpinan Cabang
    D. Pimpinan Anak Cabang 
    E. Pimpinan Ranting 

    16. Pimpinan Ranting (PR IPNU/ PR IPPNU) adalah tingkat kepemimpinan IPNU dan IPPNU di tingkat desa dan berkedudukan di desa dengan masa khidmah selama ….
    A. 1 tahun
    B. 2 tahun 
    C. 3 tahun 
    D. 4 tahun 
    E. 5 tahun 

    17. Pimpinan komisariat (PK IPNU/ PK IPPNU) merupakan tingkat  kepemimpinan yang berada di ….
    A. sekolah NU
    B. madrasah NU 
    C. pondok pesantren NU
    D. sekolah/madrasah binaaan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU
    E. Madrasah diniah dan TPQ

    18. Pada setiap tingkat kepemimpinan IPNU dan IPPNU terdapat struktur organisasi yang menunjukkan kedudukan, jabatan, dan tugas perangkat organisasi. Adapun struktur organisasi IPNU-IPPNU di tingkat Pimpinan Pusat terdiri dari ….
    A. Pimpinan Wilayah, Sekretaris Jenderal, Bendahara, dan beberapa bidang.
    B. Pimpinan Cabang, Sekretaris Jenderal, Bendahara, dan beberapa bidang.
    C. Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, Bendahara, dan beberapa bidang.
    D. Pimpinan Umum, Sekretaris Jenderal, Koordinator wilayah, dan beberapa bidang.
    E. Pimpinan Pusat, Sekretaris Jenderal, Bendahara, dan Koordinator cabang.

    19. Perhatikan permusyawaratan dalam organisasi IPNU dan IPPNU sebagai berikut!
    1) Kongres
    2) Konferensi Wilayah 
    3) Konferensi Cabang 
    4) Konferensi Anak Cabang 
    5) Rapat Anggota
    Urutan permusyawaratan organisasi IPNU dan IPPNU dari pusat ke pimpinan paling bawah adalah ….
    A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5  
    B. 1 – 3 – 2 – 4 – 5  
    C. 1 – 4 – 5 – 3 – 2 
    D. 2 – 1 – 4 – 3 – 5
    E. 3 – 1 – 5 – 2 – 4 

    20. Konferensi Cabang merupakan permusyawaratan organisasi IPNU dan IPPNU yang dilaksanakan di tingkat ….
    A. Nasional 
    B. Provinsi 
    C. Kabupaten 
    D. Kecamatan 
    E. Desa 

    21. Organisasi IPNU dan IPPNU juga memiliki sistem pengkaderan. Sistem pengkaderan ini bertujuan untuk ….
    A. Membentuk wadah organisasi yang mampu menghidupkan semangat pemuda NU
    B. Mewujudkan organisasi yang merata dan luas
    C. Menanamkan nilai-nilai agama kepada calon penerus organisasi 
    D. Mencetak kader-kader untuk melanjutkan estafet perjuangan organisasi
    E. Memperbarui sistem organisasi agar lebih maju dan solid

    22. Berikut ini yang tidak termasuk jenjang pengkaderan dalam IPNU-IPPNU antara lain ….
    A. Makesta 
    B. Lakmud
    C. Lakmad
    D. Lakut
    E. Lakat 

    23. Salah satu jenjang pengkaderan anggota IPNU dan IPPNU yang bertujuan untuk jenjang pengkaderan sebagai wahana membekali pelajaran hidup bermasyarakat, kehidupan berorganisasi, memahami dan menerima perbedaan pendapat secara terbuka serta dasar-dasar organisasi NU, paham ahlussunah wal jamaah dan ke IPNU-IPPNUan adalah ….
    A. Masa Kesetiaan Anggota 
    B. Latihan Kader Muda
    C. Latihan Kader Madya
    D. Latihan Kader Utama 
    E. Latihan Pelatih 

    24. Latihan kader tingkat pertama yang ditekankan pada pembentukan watak, dorongan untuk mengembangkan diri dan meningkatkan rasa memiliki organisasi disebut ….
    A. Masa Kesetiaan Anggota 
    B. Latihan Kader Muda
    C. Latihan Kader Madya
    D. Latihan Kader Utama 
    E. Latihan Pelatih 

    25. Berikut ini yang merupakan pernyataan yang sesuai terkait Latihan Kader Madya adalah ….
    A. Latihan kader tingkat pertama yang ditekankan pada pembentukan watak, dorongan untuk mengembangkan diri dan meningkatkan rasa memiliki organisasi.
    B. latihan kader tingkat kedua yang bertujuan mengolah idealisme kader dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan mengelola kegiatan-kegiatan organisasi.
    C. latihan pelatih tingkat dasar bagi Kader Muda yang memiliki kecenderungan untuk menjadi pelatih.
    D. Latihan pengembangan bakat dan minat kader muda IPNU-IPPNU dalam bidang-bidang tertentu
    E. latihan kader tingkat ketiga yang berbentuk Lokakarya Pelatihan yang mengolah idealisme kader-kader utama dalam merancang dan mengembangkan sistem pelatihan IPNU-IPPNU.
     

    B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

    1. Jelaskan sejarah singkat berdirinya IPNU dan IPPNU!
    2. Sebutkan wawasan yang harus dimiliki anggota IPNU dan IPPNU!
    3. Sebutkan nilai-nilai dasar yang dimiliki anggota IPNU dan IPPNU!
    4. Sebutkan struktur kepemimpinan IPNU dan IPPNU dari pusat hingga bawah!
    5. Sebutkan kegiatan-kegiatan kaderisasi yang dilaksanakan IPNU dan IPPNU!


    Demikian Soal Penilaian Harian (PH) 2 Aswaja/Ke-Nu-an Kelas X SMA/MA/MAK Semester 1 Kurikulum 2013 Bab 2 Organisasi IPNU dan IPPNU yang dapat kami sajikan. Semoga dapat dijadikan bahan referensi penilaian dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Lebih baru Lebih lama