Soal Penilaian Harian (PH) 2 Aswaja/Ke-Nu-an Kelas XI SMA/MA/MAK Semester 1 Kurikulum 2013 Bab 2 Akidah Ahlussunnah Wal Jama'ah


    Soal Penilaian Harian (PH) 2 Aswaja/Ke-Nu-an
    Kelas XI SMA/MA/MAK Semester 1 Kurikulum 2013
    Bab 2 Akidah Ahlussunnah Wal Jama'ah



    Mata Pelajaran : Aswaja 
    Kelas : XI (Sebelas)
    Semester         : 1/Ganjil 
    Materi : BAB 2 AKIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH
    1. Menjelaskan urut-urutan cara penyampaian paham Ahlussunnah Waljama’ah kepada generasi penerus
    2. Menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam upaya melestarikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah 
    3. Menjelaskan peranan ulama dalam mewariskan ajaran Islam kepada generasi penerus 
    4. Menyebutkan strategi NU dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah

    A.Jawablah pertanyaan berikut ini dengan memilih jawaban yang paling tepat di antara a, b, c, d, atau e!

    1. Perhatikan pernyataan berikut ini!
    1) Ajaran Agama Islam terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits.
    2) Ajaran agama Islam hanya tersebar di wilayah Mekkah dan Madinah.
    3) Ajaran agama Islam disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.
    4) Ajaran agama Islam berubah dan berkembang mengikuti zaman.
    5) Ajaran agama Islam disampaikan secara mutawatir dan turun temurun. 
    Pernyataan yang tepat terkait cara penyampaian paham Ahlussunnah Waljama’ah adalah ….
    A. 1, 2, dan 3
    B. 2, 3, dan 4
    C. 3, 4, dan 5
    D. 1, 3, dan 5
    E. 2, 4, dan 5

    2. Cara penyampaian paham Ahlussunnah Waljama’ah melalui sanad (koneksi) yang kuat. Berikut ini yang termasuk dalam tokoh yang berjasa dalam menyampaikan ajaran agama Islam yaitu ….
    A. Nabi Muhammad SAW
    B. Sahabat 
    C. Tabi’in 
    D. Tabi’it Tabi’in 
    E. Semua jawaban benar

    3. Pada masa tabi’in umat Islam telah terpecah-pecah, seperti jumhur, Syi’ah, Muktazilah, dan sebagainya. Selain itu, juga sudah ada pemalsuan hadits Rasulullah. Namun, pada masa ini dan sesudahnya ini juga muncul para ulama mujtahid. Ulama mujtahid tersebut antara lain, kecuali ….
    A. Imam Abu Hanifah
    B. Imam Malik bin Anas
    C. Imam Syafii
    D. Imam Nawawi
    E. Imam Hanbali

    4. Untuk meminimalisir tersebarnya hadis-hadis palsu beredar di kalangan umat Islam terdapat penulis dan penyeleksi hadits di antaranya yaitu …. 
    A. Imam Ghazali 
    B. Imam Bukhari
    C. Imam Muslim
    D. Imam Abu Dawud 
    E. Imam Tirmidzi 

    5. Para ulama mujtahid Islam mendirikan madzhab dan yang paling masyhur ada empat madzhab. Merekalah yang disebut ….
    A. Mujtahid Ahad
    B. Mujtahid Masyhur
    C. Mujtahid Mustaqil
    D. Mujtahid Muntashib
    E. Mujtahid Ghorib

    6. Berikut ini yang tidak termasuk anggota dari Mujtahid Mustaqil adalah ….
    A. Imam Abu Hanifah
    B. Imam Ibnu Majah
    C. Imam Malik bin Anas
    D. Imam Syafii
    E. Imam Hanbali

    7. Ketika keempat imam madzhab sudah wafat, problem umat semakin kompleks. Akhirnya ijtihad diteruskan oleh, kecuali …..
    A. Mujtahid Terbatas
    B. Mujtahid Mustaqil
    C. Mujtahid Muntashib 
    D. Ashhabul Fatwa 
    E. ‘Alim Ulama 

    8. Mujtahid Muntaship disebut juga ….
    A. Mujtahid terbatas
    B. Mujtahid terpercaya 
    C. Mujtahid adil 
    D. Mujtahid tanpa ‘illat
    E. Mujtahid kuat hafalannya 

    9. Jaminan penjagaan Allah terhadap Agama Islam sampai hari kiamat, bukan berarti kemudian umat Islam tidak wajib berjuang mempertahankannya. Berikut ini yang merupakan tantangan nonfisik di kalangan umat Islam yaitu ….
    A. Perang genosida 
    B. Perang senjata 
    C. Perang ideologi 
    D. Pemberontakan 
    E. Perundungan ras dan agama 

    10. Dewasa kini, banyak sekali upaya-upaya kaum kafir untuk melenyapkan ajaran Islam melalui ilmu pengetahuan di antaranya yaitu, kecuali ….
    A. Mengaburkan al-hadits,
    B. Menanamkan keraguan terhadap al-Qur’an
    C. Mempropagandakan penggunaan akal yang sebebas-bebasnya
    D. Melakukan penerjemahan Al-Qur’an dan Hadits ke berbagai bahasa
    E. Mendoktrin umat islam dengan paham-paham duniawi 

    11. Salah satu paham yang meyakini bahwa dengan hanya dengan akal manusia akan dapat mencapai segala tujuan hidupnya. Paham ini disebut dengan …..
    A. Hedonism 
    B. Intelektualisme 
    C. Sinkretisme 
    D. Materialisme 
    E. Sekularisme 

    12. Banyak sekali negara-negara di Eropa yang memisahkan masalah manusia dan agama. Mereka menganggap bahwa masalah duniawi yang harus dijadikan  urusan pokok, sedangkan masalah ukhrawi diragukan kebenarannya. Hal ini merupakan sudut pandang paham ….
    A. Konsumerisme 
    B. Materialisme
    C. Sekularisme 
    D. Hedonisme
    E. Sosialisme 

    13. Dewasa kini, sebagian besar manusia berorientasi pada hidup di dunia dan berlomba-lomba mendapatkan kekayaan dunia yang berlimpah. Hal ini menandakan telah mulai merebaknya paham ….
    A. Konsumerisme 
    B. Materialisme
    C. Sekularisme 
    D. Hedonisme
    E. Sosialisme 
     
    14. Pada dasarnya bahaya yang menyerang eksistensi ajaran Ahlussunnah Waljama’ah berasal tidak hanya dari luar umat Islam, melainkan juga berasal dari dalam diri umat Islam itu sendiri. Berikut ini yang merupakan bahaya yang mengancam eksistensi Aswaja yang berasal dari dalam diri umat Islam itu sendiri adalah, kecuali ….
    A. Sikap memihak yang berlebihan kepada seseorang atau sekelompok orang
    B. Sikap menentang yang lama
    C. Sikap masih berpegang teguh dengan kepercayaan lama 
    D. Sikap mementingkan kepentingan umat di atas kepentingan pribadi
    E. Sikap fanatisme yang berlebihan dan radikalisme umat Islam 

    15. Untuk melestarikan ajaran Ahlussunah Waljama’ah, umat Islam harus ….
    A. mengetahui hakekat, prinsip-prinsip ajaran, dan landasan hokum Ahlussunnah Waljama’ah
    B. memperdalam ilmu-ilmu sosial, seperti ekonomi, politik, dan sosiologi semata 
    C. memaksakan ideologi Ahlussunnah Waljama’ah kepada seluruh umat beragama 
    D. menjatuhkan isu-isu negative kepada agama yang bertentangan dengan Ahlussunnah Waljama’ah
    E. mempropagandakan nilai-nilai Ahlussunnah Waljama’ah dalam forum-forum politik 

    16. Saat ini mayoritas umat Islam tidak menguasai bahasa Arab dengan baik, bahkan yang buta huruf Al-Qur’an pun masih sangat banyak. Fenomena ini menandakan bahwa umat Islam ….
    A. Butuh berpedoman pada nilai-nilai agama dan adat yang mereka yakini 
    B. Harus bermujahadah dalam menentukan hokum-hukum syari’at
    C. Boleh mempelajari Al-Qur’an dan hadits secara mandiri saja 
    D. Dapat berlomba-lomba menyebarkan ajaran Al-Qur’an dan Hadits
    E. Perlu memperdalam Al-Qur’an dan hadits dari seorang ‘alim ulama

    17. Seseorang yang dalam ilmu fikih sudah mencapai derajat ijtihad dan memiliki kemampuan istinbath (inferensi) hukum-hukum syariat dari sumber-sumber muktabar dan diandalkan disebut ….
    A. Tabi’in 
    B. Mujtahid 
    C. ‘alim 
    D. Ulama 
    E. Sufi

    18. Sebagaian besar orang Islam yang awam tidak memahami isi Al-Qur’an dan Hadits secara utuh dan lengkap. Oleh karena itu, hokum bertaqlid atau mengikuti ijtihad dari tokoh ‘alim ulama adalah ….
    A. Fardu’ain 
    B. Sunnah 
    C. Mubah 
    D. Makruh 
    E. Haram 

    19. Seorang tokoh ‘alim ulama dapat kita dijadikan panutan dan dipedomani fatwa-fatwanya, apabila dia, kecuali ….
    A. Hafal dan memahami isi Al-Qur’an dan hadits
    B. Memiliki akhlak yang mulia sebagaimana Nabi Muhammad SAW dan para sahabat
    C. Mempunyai sanad keilmuan yang jelas dan terpercaya
    D. Mengetahuai asbabul wurud, nasikh dan mansukh, atau kaidah-kaidah fiqih lainnya
    E. Mampu menciptakan kitab tentang agama yang diterbitkan secara resmi 

    20. Para ulama Nahdlatul Ulama memiliki andil yang besar dalam eksistensi nilai-nilai Ahlussunnah Waljama’ah. Hal berarti ….
    A. Ulama Nahdlatul Ulama menjadi tokoh yang dihormati di Indonesia 
    B. Ulama Nahdlatul Ulama memiliki jumlah yang besar di Indonesia 
    C. Ulama Nahdlatul Ulama memiliki hubungan kekerabatan dengan ahlu bait Nabi Muhammad SAW
    D. Ulama Nahdlatul Ulama memiliki keilmuan agama dan kiprah perjuangan yang tinggi 
    E. Ulama Nahdlatul Ulama memiliki jabatan yang penting di pemerintahan 

    21. Nahdlatul Ulama senanatiasa berusaha melestarikan dan mengembangkan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah. Salah satunya yaitu melalui upaya organisasi ke-NU-an di bidang, kecuali ….
    A. Dakwah 
    B. Pendidikan 
    C. Ekonomi 
    D. Sosial 
    E. Politik negara 

    22. Banyak sekali madrasah atau sekolah yang tergabung di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif. Hal ini menandakan bahwa Nahdlatul Ulama berupaya dalam melestarikan Ahlussunnah Waljama’ah di bidang ….
    A. Dakwah 
    B. Pendidikan 
    C. Ekonomi 
    D. Sosial 
    E. Pertahanan 

    23. Nahdlatul Ulama juga terus berjuang dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat lahir batin duniawi dan ukhrawi. Hal ini adalah strategi pelestarian ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di bidang ….
    A. Dakwah 
    B. Ma’arif
    C. Mabarat 
    D. Muamalah 
    E. Ibadah 

    24. Nahdlatul Ulama juga memperhatikan pergerakan perekonomian umat. Salah satu tujuannya pelestarian ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di bidang ekonomi adalah ….
    A. Memajukan pendidikan karakter umat Islam 
    B. Menciptakan kesejahteraan social yang merata di kalangan umat Islam 
    C. Meningkatkan potensi ekonomi sesuai dengan syari’at Islam 
    D. Mengembangkan ajaran-ajaran Al-Qur’an dan Hadits ke berbagai lini kehidupan.
    E. Menanamkan nilai-nilai budaya kemasyarakatan bagi bangsa Indonesia 

    25. Pesantren menjadi salah satu wujud eksistensi Nahdlatul Ulama dalam melestarikan nilai-nilai Ahlussunnah Waljama’ah. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan citra pesantren di masyarakat adalah ….
    A. Lembaga pendidikan yang tidak hanya membekali santri dengan ilmu agama dan pengetahuan tetapi juga membangun kepribadiannya
    B. Lembaga dakwah yang tidak hanya menyebarkan ajaran agama Islam tetapi juga membentuk kader dakwah yang dibutuhkan masyarakat. 
    C. Lembaga pemerintahan yang bertujuan untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia 
    D. Lembaga swasta yang menjalankan Pendidikan yang diamanatkan oleh pemerintah pusat 
    E. Lembaga pertahanan ikut serta membela tanah air dan bangsa Indonesia


    B.Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

    1. Sebutkan urut-urutan cara penyampaian paham Ahlussunnah Waljama’ah kepada generasi penerus!
    2. Jelaskan secara singkat tantangan yang dihadapi dalam upaya melestarikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di masa kini!
    3. Jelaskan peran serta ulama dalam mewariskan ajaran Islam kepada generasi penerus masa kini! 
    4. Sebutkan strategi NU dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di era modern ini!

    Demikian Soal Penilaian Harian (PH) 2 Aswaja/Ke-Nu-an Kelas XI SMA/MA/MAK Semester 1 Kurikulum 2013 Bab 2 Akidah Ahlussunnah Wal Jama'ah yang dapat kami sajikan. Semoga dapat dijadikan bahan referensi penilaian dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.


    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Lebih baru Lebih lama