Soal Penilaian Harian (PH) 4 Aswaja/Ke-Nu-an Kelas X SMA/MA/MAK Semester 1 Kurikulum 2013 Bab 4 Masuknya Agama Islam & Perkembangannya Di Indonesia |
Pelajaran : Aswaja/Ke-NU-an
Kelas : X (Sepuluh)
Semester : 1/ Ganjil
Materi : Bab 4 Masuknya Agama Islam & Perkembangannya Di Indonesia
Kompetensi Dasar :
· Memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia
· Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
· Menceritakan sejarah tradisi Islam Indonesia
A. Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih jawaban yang paling tepat di antara pilihan jawaban a, b, c, d, atau e!
1. Berbagai sumber sejarah mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. Namun keberadaan para pemeluk ajaran Islam menjadi jelas pada abad ke-13 yang ditandai dengan ….
A. berdirinya kerajaan Samudra Pasai di Aceh
B. adanya perkampungan Arab di Pekalongan
C. terdapat prasasti peninggalan kerajaan Islam
D. keturunan bangsa Arab di Indonesia
E. bukti tertulis terkait hubungan diplomatic Islam
2. Muncul berbagai terori terkait tempat kedatangan Islam, para pembawanya, dan waktu kedatangannya di Indonesia. Berikut ini beberapa tokoh yang mendukung teori Gujarat adalah kecuali ….
A. Pijnappel
B. Snouck Horgronje
C. Stuterheim
D. Moquette
E. Hoesin Djajaningrat
3. Terdapat beberapa bukti yang memperkuat Teori Gujarat yaitu bahwa agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang India di antaranya kecuali ….
A. kurangnya fakta yang menjelaskan bangsa Arab dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.
B. hubungan dagang Indonesia-India telah terjalin.
C. inskripsi tertua tentang Islam yang terdapat di Sumatera terkait hubungan antara Sumatera dengan Gujarat
D. di barat Jakarta telah terdapat perkampungan Islam
E. adanya batu nisan Malik As-Shaleh di Samudera Pasai
4. Islam disebarkan melalui jalur perdagangan Indonesia- Cabay (India)- Timur Tengah-Eropa. Hal ini merupakan pendapat dari ….
A. Pijnappel
B. Snouck Horgronje
C. Stuterheim
D. Moquette
E. J.C. Van Leur
5. Meskipun teori Gujarat didukung oleh beberapa fakta dan tokoh sejarawan terkemuka, tetapi masih terdapat beberapa kritik terhadap terori itu. Salah satunyya yaitu Islam masuk ke Indonesia pada abad 13 dari Corromandel, (India timur). Hal ini karena sekitar abad ke-12, Gujarat masih merupakan kerajaan Hindu. Pendapat ini dikemukakan oleh ….
A. Pijnappel
B. Morisson
C. Stuterheim
D. Moquette
E. J.C. Van Leur
6. Tokoh pembangun teori Persia yang mengemukakan bahwa proses kedatangan Islam ke Indonesia berasal dari daerah Persia atau Parsi (sekarang Iran) adalah ….
A. Pijnappel
B. Hoesin Djajaningrat
C. Moquette
D. J.C. Van Leur
E. A. Hisyami
7. Berikut ini yang bukat merupakan bukti pendukung masukknya agama Islam di Indonesia berdasarkan Teori Persia adalah ….
A. kesamaan peringatan 10 Muharram
B. kesamaan ajaran wahdatul wujud
C. adanya kampung persia di wilayah Sumatera Barat
D. mayoritas umat Islam Indonesia bermadzhab Syafi’i sama dengan madzhab Muslim Malabar
E. Penggunaan istilah dalam tanda bunyi harakat dalam pengajian Al-Quran
8. Teori Arabia menyebutkan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang yang berasal dari Arab. Hal ini didukung dengan pendapat bahwa ….
A. kesamaan ajaran wahdatul wujud
B. kurangnya fakta yang menjelaskan bangsa Arab dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.
C. pedagang Arab yang menyebarkan Islam ke Indonesia pada saat mereka menguasai perdagangan pada awal abad Hijriah
D. adanya perkampungan Arab di seluruh wilayah Indonesia
E. adat tradisi Indonesia dibawa dari Arab
9. Berikut ini yang tidak termasuk tokoh cendekiawan yang mendukung adanya Teori Arabia terkait masukknya agama Islam ke Indonesia adalah ….
A. Crawfurd
B. Keijzer
C. J.C. Van Leur
D. De Holander
E. Naquib Al-Attas
10. Salah satu tokoh sejarwan yang memandang bahwa Islam Indonesia dibawa dari Mesir berdasarkan kesamaan kedua madzhab pada saat itu, yaitu madzhab Syafi’I adalah ….
A. Crawfurd
B. Keijzer
C. Hamka
D. De Holander
E. A. Hisyami
11. Pengaruh Islam menjadi nyata sejak berdirinya kerajaan Islam Samudera Pasai yang kemudian diikuti oleh kerajaan-kerajaan Islam yang lain. Kebanyakan pakar berpendapat bahwa faham keagamaan yang dianut oleh para penyebar Islam pertama di Indonesia adalah ….
A. Sunni
B. Syi’ah
C. Muktazilah
D. Murjiah
E. Jabariyah
12. Salah satu pertanda adanya perkembangan paham Islam di Indonesia adalah Sunan Bonang menyebut berbagai kitab dan nama pengarangnya yaitu Ihya Ulumuddin karya dari ….
A. Imam Al-Ghazali
B. Imam An-Nawawi
C. Abu Talib Al-Makki
D. Abu Yazid Al-Busthami
E. Ibnu ‘Arabi
13. Paham Islam di Indonesia tidak terlepas dari ilmu tasawuf dan tokoh-tokoh sufistik di masanya. Berikut ini yang tidak termasuk tokoh tasawuf yang menjadi panutan bagi umat Islam Indonesia pada masanya adalah ….
A. Nuruddin Ar-Raniri
B. Abdurrauf Singkel
C. Hamzah Fansuri
D. Imam An-Nawawi
E. Syamsuddin As-Sumatrani
14. Menurut Martin Van Brunessen, Islam yang diajarkan di Asia Tenggara termasuk Indonesia sangat diwarnai oleh ajaran sufi. Hal ini hakikatnya didukung dengan ….
A. Munculnya beragam tarekat yang tersebar di wilayah Indonesia
B. Banyak ulama Indonesia yang belajar tasawuf di Makkah dan Madinah
C. Indonesia memiliki penduduk dengan mayoritas beragama Islam
D. Tasawuf di Indonesia kental dengan hal-hal bersifat keramat
E. Banyak ulama Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari dunia
15. Madzhab Syafi’i mendominasi di Indonesia adalah dari kitab-kitab rujukannya. Salah satu kitab karya Imam Syafi’i di bidang fikih yang menjadi rujukan umat Islam adalah ….
A. Bidayatul Hidayah
B. Al-Umm
C. Aqidatul Awwam
D. Jami’u Ulumil Qur’an
E. Musnad Imam Syafi’i
16. Berikut ini yang bukan termasuk kitab karya Imam Al-Ghazali di bidang tasawuf yaitu ….
A. Ihya’ ‘Ulumuddin
B. Al Munqidz minadl Dlalal
C. Bidayatul Hidayah
D. Minhajul Abidin
E. Kifayatul Awam
17. Kitab Riyadhus Shalihin merupakan salah satu kitab yang dikarang oleh ulama madhzab syafi’i yaitu ….
A. Imam Al-Ghazali
B. Imam Nawawi
C. Ibnu Hajar Al-Asqalani
D. Ibnu Katsir
E. Jalaluddin As-Suyuthi
18. Karya kitab para ulama madzhab Syafi’i yang dijadikan rujukan para ulama Indonesia bukan hanya sebatas dalam ilmu fikih semata namun juga ilmu-ilmu yang lain seperti tafsir, hadits, ushul fikih, dan sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa ….
A. Minimnya pengetahuan keagamaan ulama di Indonesia
B. Rendahnya hubungan diplomatic para ulama di Indonesia dengan negara-negara Islam di Asia Tengah
C. Terbatasnya jumlah ulama di seluruh daerah Indonesia
D. Tingginya semangat ulama di Indonesia untuk menuntut ilmu-ilmu agama
E. Banyak para pemeluk agama Islam di berbagai wilayah di Indonesia
19. Banyak sekali berbagai tokoh sejarawan dan bukti yang menyebutkan bahwa Islam telah masuk Indonesia pada abad 7 tetapi penyebarannya baru berjalan secara massif pada abad 12 dan 13. Perbedaan tersebut menunjukkan ….
A. Agama Islam berkembang dengan pesat di berbagai wilayah di Indonesia
B. Pengaruh ulama mancanegara sangat besar dalam penyebaran agama Islam
C. Orang Indonesia terbuka tehadap berbagai budaya asing
D. Agama Islam sama dengan adat tradisi masyarakat Indonesia
E. Pengaruh agama Islam di Indonesia berkembang sejak lama dan eksistensinya kuat
20. Beliau merupakan penyerbar agama Islam pertama di Indonesia dan dikenal dengan Maulana Maghribi adalah ….
A. Sunan Gresik
B. Sunan Derajat
C. Sunan Ampel
D. Sunan Bonang
E. Sunan Kudus
21. Perhatikan wali songo dan nama kecilnya berikut ini!
A. Sunan Ampel |
1. Raden Rahmat |
B. Sunan Kudus |
2. Raden Paku |
C. Sunan Derajat |
3. Ja’far Shadiq |
D. Sunan Bonang |
4. Raden Prawoto |
E. Sunan Giri |
5. Syarifuddin Hisyam |
Pasangan Wali Songo dan nama kecilnya yang sesuai adalah ….
A. A-1, B-3, & C-5
B. B-2, C-3, & D-1
C. C-4, D-5, & E-1
D. A-5, C-2, & E-3
E. A-5, B-3, & D-2
22. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!
1. Penyebar agama Islam pertama di Pulau Jawa
2. Pendiri pesantren pertamaa di Indonesia
3. Pendiri Kesultanan Banten
4. Memiliki nama kecil Raden Prawoto
5. Putra dari Sunan Kalijaga
Pernyataan yang sesuai terkait Sunan Muria adalah ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 2 dan 4
23. Selain para sunan, juga muncul banyak dai yang menyebarkan agama Islam ke pelosok Indonesia. Berikut ini salah satu dai yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam ke Madura adalah ….
A. Syarifuddin Hisyam
B. Syekh Jumadil Kubra
C. Raden Bandoro Diwiryono
D. Maulana Husain
E. Syekh Mansur
24. Salah raja yang bernama Kolano Cirliyati telah memeluk agama Islam kemudian berganti nama menjadi Sultan Jamaludin. Ia merupakan Raja ….
A. Madura
B. Sampang
C. Pasai
D. Tidore
E. Ternate
25. Banyak dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia, seperti raja, bangsawan, dan rakyat biasa memeluk agama Islam dan mengganti nama mereka menjadi nama Islam. Hal ini menunjukkan bahwa ….
A. Agama Islam melarang kekerasan dalam berdakwah
B. Agama Islam menghapus seluruh adat tradisi yang telah ada
C. Raja memerintahkan rakyatnya untuk masuk agama Islam
D. Agama Islam diterima masyarakat dengan terbuka, dan membaur dengan tradisi masyarakat yang baik
E. Agama Islam ditetapkan sebagai agama pemerintahan atau kerajaan sehingga banyak rakyat yang menerimanya
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!
1. Sebutkan perbedaan teori masuknya agama Islam ke Indonesia yaitu Teori Gujarat, Teori Persia, dan Teori Arabia!
2. Jelaskan peran serta Wali Songo dalam penyebaran Agama Islam di Indonesia!
3. Sebutkan 3 anggota Wali Songo beserta nama asli atau kecilnya?
4. Mengapa agama Islam mudah diterima oleh para raja dan masyarakat di Indonesia?
5. Apa tantangan bagi agama Islam ketika berkembang di Indonesia?
Demikian Soal Penilaian Harian (PH) 4 Aswaja/Ke-Nu-an Kelas X SMA/MA/MAK Semester 1 Kurikulum 2013 Bab 4 Masuknya Agama Islam & Perkembangannya Di Indonesia yang dapat kami sajikan. Semoga dapat dijadikan bahan referensi penilaian dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.
Posting Komentar
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."