PENILAIAN HARIAN KE-1
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas : II (Dua)
Semester : 1 (Ganjil)
Kurikulum : Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar :
Materi : BAB 1 Adzan & Iqamah
Soal Penilaian Harian Pilihan Ganda & Essay Fikih Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Bab 1 Adzan & Iqamah
Soal Penilaian Harian Pilihan Ganda Fikih Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Bab 1 Adzan & Iqamah
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang paling tepat di antara pilihan jawaban a, b, atau c!
1. Panggilan untuk menunaikan shalat disebut ….
a. adzan
b. dzikir
c. do’a
2. Tujuan dikumandangkan adzan adalah agar umat Islam ….
a. memanggil untuk segera bertaubat
b. menyeru untuk segera menunaikan sholat
c. mengajak untuk segera berzakat
3. Orang yang mengumandangkan adzan disebut ….
a. muzakki
b. imam
c. muadzin
4. Seorang muadzin harus memiliki beberapa syarat diantaranya yaitu, kecuali ….
a. Baligh
b. Islam
c. Mukmin
5. Seorang yang adzan harus mampu membedakan antara hal yang baik dan buruk. Hal ini disebut dengan ….
a. baligh
b. mumayiz
c. Islam
6. Seorang non-muslim yang mengumandangkan adzan maka hukumnya ….
a. boleh
b. wajib
c. tidak sah
7. Berikut ini yang tidak termasuk sunnah dalam mengumandangkan adzan adalah ….
a. beragama Islam
b. suci dari hadats kecil dan besar
c. membaca shalawat dan doa setelah selesai adzan
8. Seorang yang mengumandangkan adzan disunnahkan menghadap ….
a. kiblat
b. kanan
c. kiri
9. Dalam mengumandangkan adzan, seorang muadzin sebaiknya melantunkannya dengan suara ….
a. pelan
b. sedang
c. keras
10. Berikut ini yang tidak termasuk lafadz yang dibaca ketika adzan adalah ….
a. Allahu Akbar
b. Asyhadu an-laa ilaha illallah
c. Alhamdulillah
11. Perhatikan lafadz berikut ini!
اَللهُ اَكْبَرُ
Arti lafadz di atas adalah ….
a. Allah Maha Pengasih
b. Allah Maha Besar
c. Allah Maha Penyayang
12. Perhatikan lafadz berikut ini!
لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ
Lafadz di atas dibaca sebanyak … kali dalam adzan.
a. 1
b. 2
c. 3
13. Perhatikan lafadz berikut ini!
حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
Arti dari lafadz di atas adalah ….
a. mari menunaikan shalat
b. mari menuju kemenangan
c. Allah Maha Besar
14. Dalam adzan, kalimat takbir dikumandangkan sebanyak ….
a. 2
b. 4
c. 6
15. Perhatikan lafadz berikut ini!
أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ
Arti dari lafadz di atas adalah ….
a. Saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah
b. Tiada tuhan selain Allah
c. Hanya kepada Allah kita kembali
16. Aldo dan teman-temanya bermain sepak bola di lapangan. Ketika itu ada suara adzan berkumandang di waktu ashar, maka yang harus dilakukan Aldo dan teman-temannya adalah ….
a. tetap melanjutkan bermain sepak bola
b. berhenti sejenak dari bermain sepak bola
c. berhenti bermain sepak bola dan segera shalat ashar
17. Pak Irham sedang bekerja dengan teman-temannya di kantor. Suatu ketika terdengar suara adzan di waktu dzuhur. Maka yang harus dilakukan pak Irham dan teman-temannya adalah ….
a. segera menyelesaikan pekerjaannya
b. segera berhenti dan melaksanakan shalat dzuhur
c. segera berdo’a dan berdzikir Bersama
18. Orang yang mendengarkan adzan disebut dengan ….
a. muadzin
b. bilal
c. mustami’
19. Ketika di masjid, Fano dan teman-temannya sedang asyik mengobrol, tetapi di saat yang bersamaan terdengar suara adzan. Maka sikap yang sebaiknya Fano dan teman-temannya lakukan adalah ….
a. tetap mengobrol dengan teman-temannya
b. berhenti mengobrol dan menjawab adzan
c. mengobrol dengan suara pelan
20. Ketika Adzan telah selesai dikumandangkan maka muadzin dan mustami’ sebaiknya ….
a. membaca shalawat dan do’a
b. berbaris untuk bersiap shalat
c. menjawab seruan adzan
21. Seruan bahwa shalat berjamaah akan segera dilaksanakan merupakan ….
a. iqamah
b. dzikir
c. shalawat
22. Hokum membaca iqamah setelah adzan adalah ….
a. wajib
b. sunnah
c. tidak wajib
23. Yang harus dilakukan oleh jama’ah shalat ketika iqamah sudah dikumandangkan adalah jama’ah ….
a. beri’tikaf
b. mengambil barisan
c. meluruskan shafnya
24. Hikmah mengumandangkan, mendengarkan, serta menjawab adzan dan iqamaah adalah ….
a. memperoleh pahala dari Allah swt
b. mendapatkan kebaikan dari ibadah
c. memperoleh pujian dari masyarakat
25. Salah satu seorang muadzin dari sahabat Rasulullah SAW yang memiliki suara merdu ketika mengumandangkan adzan adalah ….
a. Bilal bin Rabbah
b. Ali bin Abi Thalib
c. Utsman bin Affan
Soal Penilaian Harian Pilihan Essay Fikih Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Bab 1 Adzan & Iqamah
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!
1. Apa yang dimaksud dengan Adzan?
2. Apa tujuan mengumandangkan Adzan?
3. Tuliskan lafadz adzan dan iqamah!
4. Apa yang dimaksud dengan muadzin?
5. Apa saja syarat-syarat muadzin?
6. Sebutkan hal-hal yang disunnahkan dalam adzan!
7. Tuliskan do’a sesudah adzan!
8. Apa yang harus dilakukan oleh jama’ah shalat ketika sudah selesai adzan dan iqamah!
9. Tulliskan bacaan iqamah!
10. Apa manfaat mengumandangkan, mendengar, atau menjawab adzan dan iqamah?
Baca Juga:
Referensi:
Nani A. (2020). Fikih Kelas 2 (Adzan & Iqamah). Diakses pada situs: https://quizizz.com/ pada tanggal 12 Januari 2023
contohinsoal.blogspot.com. (2017). Contoh Soal Kelas 2 (Adzan dan Iqamah). Diakses pada situs: http://contohinsoal.blogspot.com/ pada tanggal 12 Januari 2023
latihansoalonline.com. (-). Pentingnya Adzan dan Iqamah - Fikih MI Kelas 2. Diakses pada situs: https://latihansoalonline.com/ pada tanggal 12 Januari 2023
Dwi Indra Sari. (2022). 15 Soal Latihan Fikih Kelas 2 MI untuk PAS Pilihan Ganda Lengkap dengan Jawaban. Diakses pada situs: https://portalpekalongan.pikiran-rakyat.com/ pada tanggal 12 Januari 2023.
Demikian tadi sekilas soal penilaian harian fikih kelas 2 pilihan ganda dan essay semester 1 kurikulum 2013 bab 1 adzan & iqamah. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sumber atau bahan penilaian. Terima kasih. : )
Posting Komentar
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."