Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas II |
Hi, sobat!
Pada kesempatan kali ini, kami sajikan materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2. Yuk simak materinya berikut ini!
Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas II
KI.1 Sikap Spiritual
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima kebenaran perlindungan Allah Swt. melalui kalimatta’awudz1.2 Menerima penjagaan Allah Swt. dengan mengenal asma Allah al- Hafiizh, al- Waliy
1.3 Menerima perintah Allah Swt. untuk hidup berterima kasih, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari
1.4 Mengamalkan nilai-nilai kesopanan dalam adab bersin dan menguap
1.5 Menerima kebenaran larangan Allah Swt. terhadap sifat tercela egois, berkata kasar dan berbohong
1.6 Menerima kebenaran kisah keteladaan Nabi Nuh As.
1.7 Menerima kebesaran Allah Swt. Dengan mengenal al- ‘Aliim, al-Khabiir
1.8 Menerima kebesaranAllah Swt. yang memiliki sifat wajib
1.9 Meyakini bahwa santun dan menghargai teman sebagai cerminan dari iman
1.10 Menjalankan nilai-nilai Islam dalam adab makan dan minum
1.11 Menerima kebenaran gemar membaca dan rajin sebagai cerminan iman
1.12 Menerima kebenaran kisah keteladanan Nabi Musa As.
KI.2 Sikap Sosial
Menerima dan menjalankan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dan peduli setelah mempelajari makna al- Hafiizh, dan al-Waliy
2.3 Menunjukkan sikap hidup berterima kasih, dan rendah hati dalam kehidupan sehari- hari
2.4 Menunjukkan sikap sopan santun setelah mempelajari adab yang baik ketika bersin dan menguap
2.5 Menunjukkan perilaku jujur dan berkata baik setelah mempelajari akhlak tercela egois, berkata kasar dan berbohong
2.6 Memiliki sikap meminta maaf dan kerja keras sebagai implementasi kisah keteladaan Nabi Nuh As.
2.7 Menunjukkan perilaku tekun dan kerja keras sebagai cerminan asma Allah al- ‘Aliim,al- Khabiir
2.8 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab sebagai implementasi mempelajari sifat wajib Allah Swt.
2.9 Menjalankan sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah dalam kehidupan sehari-hari
2.10 Menjalankan perilaku disiplin dan berterima kasih sebagai implementasi mempelajari adab makan dan minum
2.11 Menunjukkan perilaku teguh dalam menghindari sifat malas
2.12 Memiliki sikap meminta maaf dan kerja keras sebagai implementasi dari kisah keteladaan Nabi Musa As.
Kompetensi Dasar (KD)
2.1 Menunjukkan sikap berlindung kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dan peduli setelah mempelajari makna al- Hafiizh, dan al-Waliy
2.3 Menunjukkan sikap hidup berterima kasih, dan rendah hati dalam kehidupan sehari- hari
2.4 Menunjukkan sikap sopan santun setelah mempelajari adab yang baik ketika bersin dan menguap
2.5 Menunjukkan perilaku jujur dan berkata baik setelah mempelajari akhlak tercela egois, berkata kasar dan berbohong
2.6 Memiliki sikap meminta maaf dan kerja keras sebagai implementasi kisah keteladaan Nabi Nuh As.
2.7 Menunjukkan perilaku tekun dan kerja keras sebagai cerminan asma Allah al- ‘Aliim,al- Khabiir
2.8 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab sebagai implementasi mempelajari sifat wajib Allah Swt.
2.9 Menjalankan sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah dalam kehidupan sehari-hari
2.10 Menjalankan perilaku disiplin dan berterima kasih sebagai implementasi mempelajari adab makan dan minum
2.11 Menunjukkan perilaku teguh dalam menghindari sifat malas
2.12 Memiliki sikap meminta maaf dan kerja keras sebagai implementasi dari kisah keteladaan Nabi Musa As.
KI.3 Pengetahuan
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di madrasah
3.2 Memahami makna al-Hafiizh, dan al-Waliy
3.3 Menerapkan sikap berterima kasih dan rendah hati serta cara membiasakannya
3.4 Menerapkan adab bersin dan menguap
3.5 Memahami akhlak tercela egois, berkata kasar, berbohong dan cara menghindarinya
3.6 Memahami kisah keteladanan Nabi Nuh As.
3.7 Memahami makna al- ‘Aliim,al-Khabiir
3.8 Memahami sifat wajib Allah Swt.
3.9 Memahami sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah
3.10 Menerapkan adab makan dan minum
3.11 Memahami manfaat gemar membaca dan rajin
3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Musa As.
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan ketentuan membaca ta’awwudz3.2 Memahami makna al-Hafiizh, dan al-Waliy
3.3 Menerapkan sikap berterima kasih dan rendah hati serta cara membiasakannya
3.4 Menerapkan adab bersin dan menguap
3.5 Memahami akhlak tercela egois, berkata kasar, berbohong dan cara menghindarinya
3.6 Memahami kisah keteladanan Nabi Nuh As.
3.7 Memahami makna al- ‘Aliim,al-Khabiir
3.8 Memahami sifat wajib Allah Swt.
3.9 Memahami sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah
3.10 Menerapkan adab makan dan minum
3.11 Memahami manfaat gemar membaca dan rajin
3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Musa As.
KI.4 Keterampilan
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.Kompetensi Dasar (KD):
4.1 Mempraktikkan bacaan ta’awudz sesuai konteknya4.2 Mengomunikasikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-Hafiizh,al-Waliy
4.3 Menyajikan contoh sikap hidup, berterima kasih, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari
4.4 Mempraktikkan adab bersin dan menguap
4.5 Mengomunikasikan cara menghindari sifat egois, berkata kasar, berbohong dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Mengomunikasikan kisah keteladaan Nabi Nuh As.
4.7 Menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-‘Aliim,al-Khabiir
4.8 Mengomunikasikan sifat wajib Allah Swt. melalui syair/lagu
4.9 Mencontohkan sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah
4.10 Mempraktikkan adab makan dan minum
4.11 Menyajikan contoh gemar membaca dan rajin
4.12 Mengomunikasikan kisah keteladanan Nabi Musa As.
Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas II
SEMESTER I
BAB I KALIMAT THAYYIBAHA. Mengenal Kalimat Thayyibah Ta’awudz
B. Saat Membaca Kalimat Ta’awudz
C. Manfaat Membaca Kalimat Ta’awudz
BAB II ASMAUL HUSNA
A. Al-Waliy
B. Al-Ḥafīż
BAB III AKHLAK TERPUJI
A. Berterima Kasih
B. Rendah Hati (Tawadhu’)
C. Adab Bersin
D. Adab Menguap
BAB IV AKHLAK TERCELA
A. Bersifat Egois
B. Berkata Kasar
C. Bohong
BAB V KISAH KETELADANAN NABI NUH AS
A. Kisah Nabi Nuh AS
B. Keteladanan Nabi Nuh AS
SEMESTER II
BAB VI ASMAUL HUSNAA. Al-‘AlÄ«m
B. Al-Khabīr
BAB VII MENGENAL SIFAT WAJIB BAGI ALLAH SWT
A. Mengenal Sifat wajib Allah Swt
B. Hikmah Mengenal Sifat wajib Allah Swt.
BAB VIII AKHLAK TERPUJI
A. Santun dan Menghargai Teman
B. Adab makan dan Minum
C. Gemar Membaca dan Rajin
BAB IX KISAH KETELADANAN NABI MUSA AS
A. Kisah Nabi Musa As.
B. Keteladanan Nabi Musa As.
Sumber:
Munashikhah. (2020). Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RIDemikian tadi Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan atau sumber belajar. Terima kasih.
Posting Komentar
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."