Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas XII SMA/MA/MAK Kurikulum 2013 |
Hi, sobat!
Pada kesempatan kali ini, kami menyajikan Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas XII SMA/MA/MAK Kurikulum 2013. Yuk, simak selengkapnya dan kerjakan latihan soal berikut ini!
Mata Pelajaran |
: Ahlussunnah Wal
Jama’ah (Ke-NU-an) |
Kelas |
: XII (Duabelas) |
Semester |
: 1/ Ganjil |
Kurikulum |
: Kurikulum 2013 |
Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas XII SMA/MA/MAK Kurikulum 2013
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat di antara a, b, c, d, atau e yang sesuai dengan cara memberi tanda silang (X) pada kolom lembar jawaban yang tersedia!
1. Dasar-dasar paham Nahdlatul Ulama di bidang keagamaan yaitu memedomani beberapa sumber ajaran Islam. Berikut ini yang termasuk sumber ajaran Islam adalah ....
A. Al-Qur’an
B. As-Sunnah
C. Ijma'
D. Qiyas
E. Semua Jawaban Benar
2. Di bidang fiqih, Nahdlatul Ulama mengikuti jalan pendekatan (madzhab). Imam madzhab yang dianut antara lain kecuali ....
A. Imam Abu Hanifah
B. Imam Malik bin Anas
C. Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i
D. Imam Abul Hasan al- Asy’ari
E. Imam Ahmad bin Hanbal
3. Nahdlatul Ulama mengikuti paham Ahlussunnah wal Jama’a. Pada awalnya paham ini pipelopori oleh .....
A. Imam Abul Hasan al- Asy’ari
B. Imam al-Junaid al-Baghdadi
C. Imam al-Ghazali
D. Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i
E. K.H. Ahmad Dahlan
4. Seorang Nahdlatul Ulama harus memiliki sikap tengah yang berintikan pada prinsip hidup yang menjunjung tinggi keharusan berlaku adil dan lurus di tengah kehidupan beragama. Dengan sikap dasar ini maka Nahdlatul Ulama akan selalu menjadi kelompok panutan yang bersikap dan bertindak lurus dan selalu bersifat membangun serta menghindari segala bentuk pendekatan yang bersifat tatharuf (esktrim). Sikap ini disebut ....
A. Tawasuth D. amar ma’ruf nahi munkar
B. Tasamuh E. tawaduk
C. Tawazun
5. Seorang Nahdlatul Ulama dituntut untuk memiliki sikap toleran terhadap peradaban baik dalam masalah keagamaan, serta dalam masalah kemasyarakatan dan kebudayaan. Sikap ini disebut ....
A. Tawasuth D. amar ma’ruf nahi munkar
B. Tasamuh E. tawaduk
C. Tawazun
6. Perhatikan perilaku warga Nahdliyin adalah sebagai berikut!
1) Menjunjung tinggi nilai-nilai maupun norma-norma ajaran Islam.
2) Mendahulukan kepentingan golongan daripada kepentingan umum.
3) Menjunjung tinggi sifat keikhasan dan berkhidmat serta berjuang.
4) Menjunjung tinggi persaudaraan (al-ukhuwwah), persatuan (al- ittihad) serta kasih mengasihi.
5) Menjunjung tinggi sikap fanatisme kepada bangsa dan negara.
Perilaku warga Nahdlatul Ulama yang sesuai adalah ....
A. 1, 2, dan 3 D. 1, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 4 E. 2, 4, dan 5
C. 3, 4, dan 5
7. Salah satu perilaku warga Nahdlatul Ulama yaitu meluhurkan kemuliaan moral (al-akhlaq al-karimah), dan menjunjung tinggi kejujuran (ash-shidqu) dalam berfikir, bersikap dan bertindak. Hal ini dikarenakan ....
A. Kejujuran sulit diwujudkan dalam masyarakat modern di era globalisasi
B. Akhlak yang unggul adalah cerminan pemimpin yang adil
C. Moral dan akhlak mulia adalah modal utama dalam peradaban di masyarakat
D. Etika harus dibentuk sejak usia dini hingga dewasa
E. Sikap yang mulia adalah nilai-nilai luhur yang dikembangkan masyarakat
8. Warga Nahdlatul Ulama perlu memiliki semangat dalam kehidupan berbangsa,bernegara, dan beragama. Semangat yang perlu dimiliki tersebut adalah ....
A. ruh at-tadayun D. ruh al-insaniyyah
B. ruh al-wathaniyah E. semua jawaban benar
C. ruh at-ta’addudiyah
9. Organisasi Nahdlatul Ulama di masyarakat senantiasa mendorong warganya meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai agama Islam. Hal ini agar mereka mampu menyebarkan ajaran Islam sebagai agama yang ramah dan damai. Hal ini merupakan bagian dari semangat ....
A. ruh at-tadayun D. ruh al-insaniyyah
B. ruh al-wathaniyah E. ruh al-muamalah
C. ruh at-ta’addudiyah
10. Perhatikan visi dan misi Lembaga Pendidikan Ma’arif NU berikut ini!
1) Terciptanya manusia unggul yang mampu berkompetensi dalam sains dan teknologi serta berwawasan ahlussunnah wal jamaah.
2) Tersedianya kader-kader bangsa yang cakap, terampil, dan tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berakhlakul karimah.
3) Terwujudnya kader-kader yang mandiri, kreatif, dan inovatif dalam melakukan pencerahan kepada masyarakat.
4) Menjadikan lembaga pendidikan yang berkualitas unggul dan menjadi idola masyarakat
5) Menjadikan lembaga pendidikan yang independen dan sebagai perekat komponen bangsa
Yang termasuk visi Lembaga Pendidikan Ma’arif NU antara lain ....
A. 1, 2, dan 3 D. 1, 2, dan 5
B. 2, 3, dan 4 E. 2, 3, dan 5
C. 3, 4, dan 5
11. Perilaku warga Nahdlatul Ulama dilandasi dengan fitrah agama Islam. Berikut ini pernyataan yang sesuai terkait fitrah agama Islam yaitu kecuali ….
A. Agama Islam bersumber dari wahyu Allah, Alqur’an, yang disampaikan kepada Rasulullah SAW
B. Agama Islam memberikan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat
C. Agama Islam adalah agama yang telah sempurna dan diridhai Allah SWT
D. Agama Islam memuat pedoman hidup yang terperinci dan kaku
E. Islam adalah agama pembawa rahmat bagi seluruh semesta alam
12. Agama Islam adalah agama pembawa rahmat bagi seluruh semesta alam. Hal ini berarti ….
A. Islam tidak hanya sebagai rahmat bagi pengikutnya, akan tetapi bagi seluruh manusia, dan seluruh isi alam semesta.
B. Islam menjadi agama yang damai, toleran, ramah kepada apa saja dan siapa saja.
C. Islam memiliki pedoman yang terperinci dan jelas
D. Islam akan selalu relevan dengan perkembangan zaman
E. Islam yang benar-benar sempuna, standar dan baku yang harus dipegang sepanjang masa.
13. Dalam bidang keagamaan, seorang warga Nahdlatul Ulama harus memiliki sikap sebagai berikut, kecuali ….
A. Tawasuth dan I’tidal
B. Tasamuh
C. Tawazun
D. Amar Ma’ruf Nahi Munkar
E. Universal
14. Seorang warga Nahdlatul Ulama dalam bidang akidah perlu memiliki keyakinan yang teguh dan istiqomah. Berikut ini yang bukan merupakan aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah yang sesuai adalah ….
A. Allah mempunyai sifat-sifat yang sempurna
B. Beriman terhadap hal-hal yang ghaib
C. Manusia memiliki usaha untuk mengubah rejeki, jodoh, dan ajal
D. Nabi Muhammad SAW memberi syafa’at kepada orang beriman kelak di alam akhirat
E. Berdo’a kepada Allah secara langsung atau dengan wasilah
15. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!
1) Mengambil pendapat ulama yang terbanyak (jumhur ulama)
2) Memuliakan Ahlul Bait dan para sahabatnya.
3) Berpegang teguh pada amaliah para sahabat Nabi Muhammad SAW
4) Berpegang teguh hanya pada Al-Qur’an dan Hadits
5) Berijtihad secara mandiri dalam menentukan hokum syari’at
Beberapa hal yang membedakan golongan Ahlussunnah wal Jamaah dengan kelompok umat Islam yang lain, yaitu ….
A. 1, 2, dan 3 D. 1, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 4 E. 2, 4, dan 5
C. 3, 4, dan 5
16. Yang bukan termasuk keyakinan Ahlussunnah Wal Jamaah dalam hukum syariah yang perlu diketahui, di antaranya yaitu ….
A. Beriman sepenuhnya bahwa berobat dengan cara membaca doa-doa dan bacaan Alqur’an dapat bermanfaat
B. Membaca shalawat berarti menjalankan perintah Allah dan rasul-Nya
C. Berdoa dengan bertawasul dapat dibenarkan berdasarkan Alqur’an dan Hadis.
D. Menyentuh dan membawa Alqur’an harus suci dari hadats kecil dan hadats besar.
E. Membaca tahlil, shalawat, surat Yasin, disunnahkan.
17. Di bidang fikih atau syari’at, seorang warga Nahdlatul Ulama menyakini bahwa shalat fardhu yang tertinggal atau lupa tidak dikerjakan, wajib diqadha. Hal ini berarti ….
A. Ada perintah untuk mengqadha sholat fardhu bagi umat Islam
B. Kewajiban beribadah menjadi tanggung jawab setiap umat Islam
C. Seorang muslim memiliki pilihan untuk melaksanakan ibadah wajib atau tidak
D. Ibadah fardhu dapat dilaksanakan dengan beragam cara
E. Umat Islam lebih leluasa dalam beribadah karena adanya keringanan
18. Dalam bidang akhlak atau tasawuf, warga Nahdlatul Ulama mengikuti dua pemikiran tasawuf yang besar pengaruhnya, yaitu ….
A. Abu Hasan Al-Asy’ari dan Imam al-Ghazali.
B. Abu Qasim al-Junaidi dan Imam Abu Hanifah
C. Imam Nawawi dan Imam Maliki.
D. Abu Qasim al-Junaidi dan Imam al-Ghazali.
E. Imam Hambali dan Imam Syafi’i.
19. Warga NU berpegang teguh pada prinsip Mabadi’ Khairul Ummah, atau langkah awal membangun umat yang baik di bidang ekonomi. Berikut ini yang tidak termasuk bagian dari prinsip tersebut adalah ….
A. Al-Shidqu
B. Al-Amanah wa al-wafa’ bi al-‘ahdi
C. Al-Adalah
D. Tasamuh
E. Al-Istiqamah
20. Upaya yang harus dilakukan oleh seorang warga Nahdlatul Ulama dalam menyikapi budaya dan tradisi local terhadap ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah adalah ….
A. Mengabaikan unsur-unsur budaya yang dianggap menyimpang dari pokok ajaran Islam.
B. Menyatukan ajaran agama Islam dengan budaya dan tradisi local secara menyeluruh
C. Menggabungkan ajaran agama Islam dengan budaya dan tradisi local secara mendasar
D. Menyeleksi dan menyelaraskan budaya dan tradisi local dengan ajaran agama Islam
E. Mencampurkan ajaran agama Islam dengan budaya dan tradisi local secara merata
21. Di dalam Islam, sesama manusia adalah saudara maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaga hubungan yang baik antara manusia. Persaudaraan tersebut pada dasarnya timbul karena hakikat manusia sebagai makhluk ….
a. Individu D. Budaya
b. Social E. Politik
c. Ekonomi
22. Allah SWT berfirman dalam QS. al-Hujurat :10, “Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudaramu (yang berselisih), dan bertakwalah kalian kepada Allah agar kamu mendapatkan rahmat.” Ayat di atas berisi tentang ….
a. Perintah untuk menjaga tali persaudaraan
b. Anjuran untuk bermusyawarah ketika berbeda pendapat
c. Larangan manusia berselisih pemikiran
d. Ajaran bahwa ketaqwaan menentukan derajat seseorang di hadapan Allah SWT
e. Pelajaran bagi orang-orang mukmin untuk berlomba-lomba mendapatkan rahmat dari Allah SWT
23. Allah SWT telah meberikan karunia bagi manusia untuk menjadi saudara, dan melarang mereka untuk bercerai berai. Hal ini merupakan kandungan isi dari ….
a. QS. Ali Imran: 101 d. QS. Ali Imran: 104
b. QS. Ali Imran: 102 e. QS. Ali Imran: 105
c. QS. Ali Imran: 103
24. Hubungan persaudaraan yang timbul karena merasa seagama sesama umat islam yang saling bersaudara disebut ….
a. Ukhuwah Insaniyah d. Ukhuwah Islamiyah
b. Ukhuwah Basyariyah e. Ukhuwah Ibadiyah
c. Ukhuwah Wathaniyah
25. Perjuangan kemerdekaan negara Indonesia tidak dapat terlepas dari adanya ukhuwah wathaniyah. Berikut ini pernyataan yang tepat terkait ukhuwah wathaniyah adalah ….
a. persaudaraan yang ditimbulkan oleh agama yang sama
b. persaudaraan yang ditimbulkan oleh ideologi yang sama
c. persaudaraan yang ditimbulkan oleh rasa kemanusiaan
d. persaudaraan yang ditimbulkan oleh hubungan darah atau kekerabatan
e. persaudaraan yang ditimbulkan oleh jiwa dan rasa nasionalisme
26. Berikut ini yang bukan merupakan sikap dasar yang akan memengaruhi ukhuwah dalam kehidupan sesame manusia di masyarakat adalah ….
a. Ta’aruf d. Tarohum
b. Ta’awun e. Tawakal
c. Tasamuh
27. Upaya manusia untuk saling mengenal dan mengetahui antara satu dengan yang lain sehingga hubungan lingkungan masyarakat akan terjalin dengan baik merupakan sikap dasar … dalam ukhuwah.
a. Ta’aruf d. Tadlomun
b. Ta’awun e. Tarohum
c. Tasamuh
28. Islam senantiasa mengajarkan agar kita bisa saling menghargai dan tenggang rasa baik dengan sesama Islam maupun orang yang berbeda keyakinan. Hal ini adalah bukti bahwa agama Islam mendukung sikap … dalam ukhuwah.
a. Ta’aruf d. Tadlomun
b. Ta’awun e. Tarohum
c. Tasamuh
29. Tidak hanya terdapat faktor-faktor pendukung, tetapi juga terdapat faktor-faktor penghambat terbentuknya ukhuwah di dalam kehidupan. Berikut ini yang bukan termasuk faktor-faktor penghambat dalam ukhuwah adalah ….
a. Lemahnya fungsi kepemimpinan umat
b. Sikap fanatic yang terlalu berlebihan
c. Adanya kebanggaan kelompok yang melampaui batas
d. Rendanya tingkat pemahaman masalah keagamaan dan kemasyarakatan
e. Sikap moderat yang berkembang ditengah—tengah masyarakat
30. Para pemimpin umat dapat menentukan arah kokoh tidaknya sebuah ukhuwah. Hal ini dapat disimpulkan bahwa … dalam sebuah kelompok.
a. Pemimpin menjadi sosok yang berkuasa
b. Pemimpin memiliki kedudukan tertinggi
c. Pemimpin mempunyai hak istimewa
d. Pemimpin menjadi teladan dan panutan
e. Pemimpin adalah seorang yang terhormat
31. Latar belakang utama berdirinya Nahdlatul Ulama adalah ….
a. Nahdlatul Ulama memiliki jumlah pengikut yang besar dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia
b. Inisiatif para ulama Nahdlatul Ulama untuk membentuk pembentukan organisasi keagamaan dan kemasyarakatan
c. Desakan pemerintah Indonesia terhadap pembentukan organisasi keagamaan dan kemasyarakatan Nahdlatul Ulama
d. Tindakan penguasa wahabi Arab Saudi yang berlebih dalam menerapkan program pemurnian ajaran Islam
e. Berkembangnya budaya-budaya Islami di Indonesia yang dipelopori oleh organisasi Nahdlatul Ulama
32. Delegasi yang dikirim ke Arab Saudi tanpa terkait dengan delegasi umat Islam Indonesia. Ketika delegasi tersebut berangkat, disepakati sebuah komite yang dijadikan organisasi (jam’iyyah) permanen dan diberi nama Nahdlatoel Oelama (NO). Komite yang dimaksud adalah ….
a. Komite Al-Adl d. Komite Al-Arif
b. Komite Al-Islam e. Komite Al-Hakim
c. Komite Hijaz
33. Nahdlatul Ulama secara harfiah memiliki arti ….
a. kebangkitan para ulama
b. keberhasilan para ulama
c. keorgansiasian para ulama
d. persatuan para ulama
e. perhimpunan para ulama
34. Nahdlatul Ulama didirikan sebagai jam’iyyah diniyyah ijtima’iyyah yang berarti bahwa Nahdlatul Ulama adalah ….
a. organisasi keagamaan kemasyarakatan
b. organisasi keagamaan nasional
c. organisasi agama dan social budaya
d. organisasi persatuan umat beragama
e. organisasi agama dan politik pemerintahan
35. Dalam perkembangannya Nahdlatul Ulama memiliki dua wajah yaitu sebagai organisasi formal struktural yang mengikuti mekanisme organisasi modern. Dalam hal ini Nahdlatul Ulama disebut dengan ….
a. Jam’iyyah NU d. Ideologi NU
b. Jama’ah NU e. Anggota NU
c. Wawasan NU
36. Sebagai Jam’iyyah, Nahdlatul Ulama memiliki beberapa ciri di antaranya yaitu, kecuali ….
a. pengurus organisasi
b. pemilihan anggota organisasi
c. adanya kelompok yasinan dan tahlilan
d. pelaksanaan rapat-rapat resmi
e. penetapan keputusan-keputusan resmi
37. Berikut ini yang tidak termasuk kedudukan dan fungsi utama Ulama NU di Indonesia adalah ….
a. pemimpin umat dalam memperjuangkan dan mengembangkan syari’at Islam
b. pemimpin keagamaan dan masyarakat dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia
c. pelopor umat dalam mempraktekkan nilai-nilai Islam dalam perdagangan
d. perwakilan rakyat dalam politik pemerintahan dan hubungan diplomatic dengan dunia internasional
e. perjuang nilai-nilai Islam dalam perumusan perundangan-undangan yang diberlakukan di Negara Kesatuan Republik Indonesia
38. Ulama sebagai pewaris para Nabi dan sebagai pemimpin umat mempunyai peran yang sangat penting yaitu memperjuangkan dan mengembangkan syaraiat Islam. Dalam hal ini, Ulama memiliki peran dan kedudukan penting di bidang ….
a. Politik d. Hukum
b. Ekonomi e. Pendidikan
c. Agama
39. Ulama dengan fikih muamalahnya mampu mempelopori umat dalam mempraktekkan nilai-nilai Islam dalam perdagangan. Ulama memberikan contoh usaha dan perdagangan melalui wirausaha dan koperasi yang merupakan soko guru perekonomian Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa ulama memiliki kedudukan dan peran penting dalam bidang ….
a. Politik d. Hukum
b. Ekonomi e. Pendidikan
c. Agama
40. Berikut ini yang merupakan salah satu peran penting ulama di bidang hukum dan pemerintahan adalah ….
a. memimpin umat dalam memperjuangkan dan mengembangkan syari’at Islam
b. memimpin keagamaan dan masyarakat dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia
c. mempelopori umat dalam mempraktekkan nilai-nilai Islam dalam perdagangan
d. memperjuangkan nilai-nilai Islam dalam perumusan perundangan-undangan di Indonesia
e. mengajarkan ilmu-ilmu keagamaan, social, dan umum yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!
1. Sebutkan peran serta Nahdlatul Ulama di bidang politik!
2. Sebutkan ciri perilaku Nahdlatul Ulama di bidang budaya!
3. Apakah sikap fanatic diperbolehkan dalam kacama agama dan nasonalisme? Coba jelaskan!
4. Apa saja upaya yang perlu dilakukan agar rasa ukhuwah Islamiyah dengan seluruh umat Islam di dunia dapat terjaga?
5. Jelaskan fungsi dan peran ulama menurut NU!
Demikian, Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas XII SMA/MA/MAK Kurikulum 2013 yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bahan belajar atau penilaian. Terima kasih : )
Posting Komentar
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."