Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas XI SMA/MA/MAK Kurikulum 2013


    Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas XI SMA/MA/MAK Kurikulum 2013 



    Hi, sobat!
    Pada kesempatan kali ini, kami menyajikan Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas XI SMA/MA/MAK Kurikulum 2013. Yuk, simak selengkapnya dan kerjakan latihan soal berikut ini!

    Mata Pelajaran

    : Ahlussunnah Wal Jama’ah (Ke-NU-an)

    Kelas

    : XI (Sebelas)

    Semester

    : 1/ Ganjil

    Kurikulum

    : Kurikulum 2013


    Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas XI SMA/MA/MAK Kurikulum 2013 


    I. Pilihlah jawaban yang paling tepat di antara a, b, c, d, atau e yang sesuai dengan cara memberi tanda silang (X) pada kolom lembar jawaban yang tersedia!

    1. Ahlussunnah Waljama’ah seringkali dikenal dengan “Aswaja” berasal dari tiga kata Al-Ahlu, As-sunnah, dan Al-Jama’ah. Kata As-sunnah berarti ....
    a. Segala perkataan Nabi Muhammad SAW
    b. Segala perbuatan Nabi Muhammad SAW
    c. Segala ketetapan Nabi Muhammad SAW
    d. Segala ketentuan Nabi Muhammad SAW
    e. Semua jawaban benar

    2. Berikut ini salah satu imam yang menjadi panutan bagi golongan Ahlussunnah Waljama’ah dalam bermadzhab adalah kecuali ....
    a. Imam Hanafi d. Imam Syafi’i
    b. Imam Maliki e. Imam Hanbali
    c. Imam Asy`ari

    3. Saiyidina Ali bin Abi Thalib tidak langsung terpilih menjadi dibaiat oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW menjadi khalifah. Hal ini dikarenakan ....
    a. Ali bin Abi Thalib tidak memiliki hubungan kekerabatan atau darah dengan Nabi Muhammad SAW
    b. Kasus terbunuhnya Khalifah Utsman bin Affan belum tuntas
    c. Para sahabat telah mencalonkan khalifah baru, selain saiyidina Ali bin Abi Thalib
    d. Ali bin Abi Thalib memperoleh legitimasi suara 100 % dari para sahabat
    e. Terjadi perebutan kekuasaan antara Sayidina Ali bin Abi Thalib dan kerabat Nabi Muhammad SAW lainnya

    4. Setelah adanya tahkim siffin, terbentuklah beberapa firqah-firqah dalam Islam. Salah satu golongan yang menganggap baik Muawiyah maupun Khalifah Ali bin Abi Thalib keduanya bersalah adalah golongan ....
    a. Muawiyah d. Muktazilah
    b. Syi’ah e. Sunni
    c. Khawarij

    5. Golongan yang mendukung kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib disebut ….
    a. Muawiyah d. Jumhur
    b. Syi’ah e. Sunni
    c. Khawarij

    6. Dalam sejarah Islam, terdapat gelombang pemikiran keagamaan yang sering dinisbatkan sebagai Ahlussunnah Waljama’ah atau yang lebih populer dengan sebutan Aswaja. Yang menjadi pelopor terbentuknya golongan Ahlussunnah Waljama’ah adalah ....
    a. Khalifah Al- Mutawakkil
    b. Abu Hasan Al-Asy’ari
    c. Al-Hasyiyah Asy-Syanwani
    d. Abu Thalib Al Makki
    e. As Siraj Ath Thusi

    7. Pada awalnya pemikiran golongan Ahlussunnah Waljama’ah yaitu berusaha untuk menandingi golongan yang mengunggulkan akal rasional. Golongan ini adalah ….
    a. Syiah d. Qadariyah
    b. Jabariyah e. Sunni
    c. Muktazilah

    8. Golongan Ahlussunnah Waljama’ah memegang teguh beberapa prinsip dalam menjalani kehidupan berbangsa, beragama, dan bernegara. Berikut ini yang tidak termasuk prinsip yang dipegang teguh oleh golongan Ahlussunnah Waljama’ah adalah ….
    a. Tawasuth d. Tadabur
    b. I’tidal e. Tasamuh
    c. Tawazun

    9. Dalam menentukan sebuah keputusan terkait hokum fiqih, seorang ulama Ahlussunnah Waljama’ah selalu mengutamakan hokum Al-Qur’an dan Hadits, serta berusaha mengambil jalan pertengahan yang mampu membawa kemanfaatan bagi manusia dan tidak mengingkari syari’at Islam. Hal ini merupakan bagian dari prinsip ….
    a. Tawasuth d. Tasamuh
    b. I’tidal e. Taawun
    c. Tawazun

    10. Sumber hokum dalam fikih yang dijadikan rujukan dan pedoman bagi golongan Ahlussunnah Waljama’ah adalah ….
    a. Al-Qur’an
    b. As-Sunnah
    c. Ijma’
    d. Qiyas
    e. Semua jawaban benar

    11. Perhatikan pernyataan berikut ini!
    1) Ajaran Agama Islam terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits.
    2) Ajaran agama Islam hanya tersebar di wilayah Mekkah dan Madinah.
    3) Ajaran agama Islam disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.
    4) Ajaran agama Islam berubah dan berkembang mengikuti zaman.
    5) Ajaran agama Islam disampaikan secara mutawatir dan turun temurun.
    Pernyataan yang tepat terkait cara penyampaian paham Ahlussunnah Waljama’ah adalah ….
    A. 1, 2, dan 3 D. 1, 3, dan 5
    B. 2, 3, dan 4 E. 2, 4, dan 5
    C. 3, 4, dan 5

    12. Cara penyampaian paham Ahlussunnah Waljama’ah melalui sanad (koneksi) yang kuat. Berikut ini yang termasuk dalam tokoh yang berjasa dalam menyampaikan ajaran agama Islam yaitu ….
    A. Nabi Muhammad SAW
    B. Sahabat
    C. Tabi’in
    D. Tabi’it Tabi’in
    E. Semua jawaban benar

    13. Pada masa tabi’in umat Islam telah terpecah-pecah, seperti jumhur, Syi’ah, Muktazilah, dan sebagainya. Selain itu, juga sudah ada pemalsuan hadits Rasulullah. Namun, pada masa ini dan sesudahnya ini juga muncul para ulama mujtahid. Ulama mujtahid tersebut antara lain, kecuali ….
    A. Imam Abu Hanifah D. Imam Nawawi
    B. Imam Malik bin Anas E. Imam Hanbali
    C. Imam Syafii

    14. Para ulama mujtahid Islam mendirikan madzhab dan yang paling masyhur ada empat madzhab. Merekalah yang disebut ….
    A. Mujtahid Ahad D. Mujtahid Muntashib
    B. Mujtahid Masyhur E. Mujtahid Ghorib
    C. Mujtahid Mustaqil

    15. Jaminan penjagaan Allah terhadap Agama Islam sampai hari kiamat, bukan berarti kemudian umat Islam tidak wajib berjuang mempertahankannya. Berikut ini yang merupakan tantangan nonfisik di kalangan umat Islam yaitu ….
    A. Perang genosida
    B. Perang senjata
    C. Perang ideologi
    D. Pemberontakan
    E. Perundungan ras dan agama

    16. Dewasa kini, banyak sekali upaya-upaya kaum kafir untuk melenyapkan ajaran Islam melalui ilmu pengetahuan di antaranya yaitu, kecuali ….
    A. Mengaburkan al-hadits,
    B. Menanamkan keraguan terhadap al-Qur’an
    C. Mempropagandakan penggunaan akal yang sebebas-bebasnya
    D. Melakukan penerjemahan Al-Qur’an dan Hadits ke berbagai bahasa
    E. Mendoktrin umat islam dengan paham-paham duniawi

    17. Salah satu paham yang meyakini bahwa dengan hanya dengan akal manusia akan dapat mencapai segala tujuan hidupnya. Paham ini disebut dengan …..
    A. Hedonism D. Materialisme
    B. Intelektualisme E. Sekularisme
    C. Sinkretisme

    18. Banyak sekali negara-negara di Eropa yang memisahkan masalah manusia dan agama. Mereka menganggap bahwa masalah duniawi yang harus dijadikan urusan pokok, sedangkan masalah ukhrawi diragukan kebenarannya. Hal ini merupakan sudut pandang paham ….
    A. Konsumerisme D. Hedonisme
    B. Materialisme E. Sosialisme
    C. Sekularisme

    19. Dewasa kini, sebagian besar manusia berorientasi pada hidup di dunia dan berlomba-lomba mendapatkan kekayaan dunia yang berlimpah. Hal ini menandakan telah mulai merebaknya paham ….
    A. Konsumerisme D. Hedonisme
    B. Materialisme E. Sosialisme
    C. Sekularisme

    20. Untuk melestarikan ajaran Ahlussunah Waljama’ah, umat Islam harus ….
    A. mengetahui hakekat, prinsip-prinsip ajaran, dan landasan hokum Ahlussunnah Waljama’ah
    B. memperdalam ilmu-ilmu sosial, seperti ekonomi, politik, dan sosiologi semata
    C. memaksakan ideologi Ahlussunnah Waljama’ah kepada seluruh umat beragama
    D. menjatuhkan isu-isu negative kepada agama yang bertentangan dengan Ahlussunnah Waljama’ah
    E. mempropagandakan nilai-nilai Ahlussunnah Waljama’ah dalam forum-forum politik

    21. Setiap umat Islam memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami sesuatu sehingga menimbulkan perbedaan pendapat. Hal ini dipengaruhi pada dasarnya oleh ….
    A. Masyarakat D. Teman
    B. Keluarga E. Lingkungan
    C. Akal

    22. Perbedaan pendapat sudah terjadi sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, untuk mengatasi perbedaan tersebut Al-Qur’an memerintahkan untuk ….
    A. Berusaha D. Berlaku adil
    B. Saling mengenal E. Bermusyawarah
    C. Bertawakal

    23. Perbedaan-perbedaan pendapat pada masa sahabat Nabi Muhammad SAW dilatarbelakangi oleh pengetahuan dan ijtihad. Namun, pada hakikatnya perpecahan umat Islam timbul karena ….
    A. Krisis ekonomi
    B. Situasi politik
    C. Kondisi geografis
    D. Perkembangan ilmu pengetahuan
    E. Kemajuan teknologi

    24. Berikut ini salah satu bukti adanya perbedaan pada masa Nabi Muhammad SAW adalah ….
    A. Pemilihan Khalifah Abu Bakar As-Shidiq
    B. Pemilihan pasukan pada perang Badar
    C. Pengangkatan Pemimpin Muawiyah
    D. Peletakan batu Hajar Aswad ke tempatnya
    E. Pemanfaatan ghanimah (harta rampasan perang)

    25. Secara bahasa, firqah memiliki arti ….
    A. Golongan D. Aliran
    B. Pemimpin E. Sekte
    C. Kelompok

    26. Salah satu tokoh pendiri aliran Mu’tazilah adalah ….
    A. Abdullah bin Saba’ D. Amr bin Ash
    B. Washil bin Atha E. Abu Hasan Asy’ari
    C. Abu Musa Al-Asy’ari

    27. Manusia memiliki kemampuan dalam menentukan kehendak dan perbuatannya (free will). Hal ini merupakan pemikiran firqah ….
    A. Syi’ah D. Jabariah
    B. Khawarij E. Qadariah
    C. Murji’ah

    28. Golongan Mu’tazilah disebut juga ….
    A. ahlul taqwa wal ilami
    B. ahlul bait wal aqli
    C. ahlul ‘adli wat tauhid
    D. ahlul haq wat ta’adud
    E. ahlul ‘ilmi wat tasawuf

    29. Perhatikan beberapa ajaran berikut ini!
    1) Manzilah bainal manzilatain
    2) Tuhan bersifat bijaksana dan adil
    3) Mengakui adanya sifat-sifat Allah swt
    4) Tuhan menjanjikan surga kepada orang mukmin dan ancaman neraka bagi orang kafir
    5) Manusia tidak mempunyai kemerdekaan dalam kehendak perbuatannya
    Yang termasuk pokok-pokok ajaran firqah Mu’tazilah adalah ….
    A. 1, 2, dan 3 D. 1, 2, dan 4
    B. 2, 3, dan 4 E. 2, 4, dan 5
    C. 3, 4, dan 5

    30. Prinsip-prinsip Maturidiyah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Asy’ariyah yaitu dalam bidang madzab. Dalam fiqih, golongan Maturidiyah bermadzab pada ….
    A. Imam Hanafi D. Imam Hambali
    B. Imam Maliki E. Imam Ahmad
    C. Imam Syafi’i

    31. Salah satu firqah dalam Islam yang berpandangan bahwa orang yang berdosa besar berarti keluar dari Islam atau tegasnya murtad sehingga ia wajib dibunuh. Pernyataan ini merupakan sudut pandang firqah … dalam masalah mukmin dan kafir.
    a. Ahlussunnah wal jama’ah d. Khawarij
    b. Syiah e. Muktazilah
    c. Murji’ah

    32. Seseorang disebut mukmin jika ia beriman kepada keenam rukun iman. Keimanan tersebut tidak hilang meskipun dia melakukan dosa besar. Pendapat ini sesuai dengan pemikiran golongan ….
    a. Ahlussunnah wal jama’ah d. Khawarij
    b. Syiah e. Muktazilah
    c. Murji’ah

    33. Menurut Mu’tazilah, mukmin yang berdosa dan mati sebelum bertaubat dikategorikan sebagai orang yang ….
    a. Kafir d. Dhaif
    b. Murtad e. Dzalim
    c. Fasik

    34. Golongan Muktazilah berpendapat orang mukmin yang berdosa besar menempati posisi manzilah bainal manzilatain yaitu ….
    a. posisi paling bawah
    b. posisi di antara dua posisi
    c. posisi paling atas
    d. posisi paling depan
    e. posisi paling belakang

    35. Golongan Murji’ah berpendapat bahwa orang yang berbuat dosa besar tetap masih mukmin dan bukan kafir. Adapun soal dosa yang telah dilakukannya ….
    a. Allah SWT yang akan memberinya siksa
    b. Allah SWT yang berhak mengampuninya atau tidak
    c. Allah SWT yang berkewajiban mengampuninya
    d. Allah SWT yang tidak akan mengampuninya
    e. Allah SWT yang memasukkannya ke dalam neraka

    36. Allah mempunyai sifat-sifat-Nya, seperti hayat, sama’, ilm, qudrah, dan sebagainya. Sifat-sifat itu melekat pada Dzat-Nya dan tidak dapat dipisahkan. Hal ini merupakan pemikiran golongan ….
    a. Murji’ah d. Jabariyah
    b. Qadariyah e. Muktazilah
    c. Ahlussunnah Wal Jama’ah

    37. Tuhan tidak mempunyai sifat karena apa yang disebut dengan sifat itu pada dasarnya adalah esensi Dzat-Nya. Hal ini merupakan pemikiran golongan ….
    a. Murji’ah d. Jabariyah
    b. Qadariyah e. Muktazilah
    c. Ahlussunnah Wal Jama’ah

    38. Perhatikan sifat-sifat wajib Allah SWT berikut ini!

    Sifat Wajib Allah

    Artinya

    A. Qudrat

    1. Berkehendak

    B. Iradat

    2. Mengetahui

    C. Ilmu

    3. Berkuasa

    D. Sama’

    4. Melihat

    E. Basar

    5. Mendengar

    Pasangan sifat-sifat wajib Allah SWT dan artinya yang sesuai adalah ….
    a. A-3, B-1, C-2 d. B-3, C-4, E-5
    b. B-1, C-4, D-5 e. A-1, C-2, D-3
    c. C-2, D-5, E-3

    39. Perhatikan sifat-sifat mustahil Allah SWT berikut ini!

    Sifat Mustahil Allah

    Artinya

    A. Ajzun

    1. Terpaksa

    B. Karahah

    2. Lemah

    C. Mautun

    3. Mati

    D. Ta’adud

    4. Baru

    E. Hudus

    5. Terbilang

    Pasangan sifat-sifat mustahil Allah SWT dan artinya yang sesuai adalah ….
    a. A-1, B-2, C-3 d. A-2, B-4, E-5
    b. B-1, C-3, D-5 e. B-5, C-3, E-4
    c. C-3, D-5, E-2

    40. Allah SWT memiliki sifat jaiz. Sifat jaiz-Nya adalah ….
    a. Qiyamuhu bi nafsihi
    b. Mukhallafatu lil hawadisi
    c. Fi kulli mumkinin au tarkuhu
    d. Sama’
    e. Basar


    II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

    1. Mengapa tasawuf itu penting bagi umat Islam?
    2. Sebutkan strategi NU dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di era modern ini!
    3. Jelaskan pengertian Ahlul ‘Adli wat Tauhid!
    4. Jelaskan perbedaan pendapat terkait Ikhtiar manusia menurut: (a) Jabbariyah, (b) Qadariyah dan (c) Ahlussunnah wal Jama’ah!
    5. Bagaimana sikapmu terhadap beragam perbedaan golongan atau firqah dalam Islam?


    Demikian, Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas XI SMA/MA/MAK Kurikulum 2013 yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bahan belajar atau penilaian. Terima kasih : )


    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Lebih baru Lebih lama