Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas X SMA/MA/MAK Kurikulum 2013 |
Hi, sobat!
Pada kesempatan kali ini, kami menyajikan Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas X SMA/MA/MAK Kurikulum 2013. Yuk, simak selengkapnya dan kerjakan latihan soal berikut ini!
Mata Pelajaran |
: Ahlussunnah Wal
Jama’ah (Ke-NU-an) |
Kelas |
: X (Sepuluh) |
Semester |
: 1/ Ganjil |
Kurikulum |
: Kurikulum 2013 |
Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas X SMA/MA/MAK Kurikulum 2013
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat di antara a, b, c, d, atau e yang sesuai dengan cara memberi tanda silang (X) pada kolom lembar jawaban yang tersedia!
1. Kata pondok berasal dari bahasa Arab yaitu funduq. Kata funduq memiliki arti yaitu kecuali ....
a. Asrama
b. Tempat tinggal
c. Ruang tidur
D. Wisma
E. Belajar agama
2. Pesantren telah berkembang di Indonesia sejak lama. Berikut ini yang merupakan pengertian pesantren yang benar adalah, kecuali ....
a. lembaga pendidikan tradisional Islam
b. tempat para santri belajar agama Islam
c. tempat mengasah keterampilan kerja
d. tempat menerapkan ajaran Islam
e. tempat membentuk perilaku yang Islami
3. Pondok pesantren menjadi salah satu lembaga pendidikan Islam pertama di Indonesia sejak munculnya beberapa tokoh ulama’ ke Indonesia. Salah satu ulama yang menjadi pencetus berdirinya pondok pesantren pertama kali di Indonesia adalah ....
a. Sunan Bonang
b. Sunan Ampel
c. Sunan Gresik
D. Sunan Derajat
E. Sunan Kudus
4. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!
1) Pesantren tidak hanya menekankan misi pendidikan, melainkan juga misi dakwah.
2) Para kiai ini biasanya menyediakan tempat tinggal untuk para santri yang ingin menelaah kitab-kitab klasik.
3) Seorang kiai adalah figur teladan dan memiliki ilmu yang mendalam, baik secara teori maupun pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.
4) Tempat atau lokasi pesantren umumnya diberikan oleh pemerintah daerah.
5) Pesantren tidak hanya mengajarkan pelajaran agama dan pengetahuan umum
Yang merupakan ciri-ciri pesantren di masa awal berdirinya adalah ....
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 5
D. 1, 3, dan 4
E. 1, 2, dan 5
5. Pada dasarnya pesantren memiliki tujuan untuk tafaqqohu fiddin. Hal ini berarti ....
a. Pesantren bertujuan membantu peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat
b. Pesantren bertujuan untuk memperdalam ilmu pengetahuan agama Islam
c. Pesantren bertujuan untuk kader-kader ulama dan mubalig yang berjiwa ikhlas, tabah, tangguh, dan wiraswasta
d. Pesantren bertujuan untuk memiliki kepribadian dan semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan
e. Pesantren bertujuan menjadi tenaga-tenaga yang cakap dalam berbagai sektor pembangunan
6. Secara garis besar, pondok pesantren dibagi menjadi 3 yaitu salaf, khalaf dan perpaduan salaf dengan khalaf. Pesantren yang tetap mempertahankan pengajaran kitab-kitab klasik (kitab kuning) sebagai inti pendidikan pesantren tanpa mengenalkan pengajaran pengetahuan umum. Pesantren tersebut adalah ....
a. Pesantren salaf
b. Pesantren khalaf
c. Pesantren perpaduan salaf dengan khalaf
D. Pesantren modern
E. Pesantren nasional
7. Perhatikan ciri-ciri pesantren berikut ini!
1) Kehidupan santri disesuaikan dengan program pendidikan nasional/pen- didikan formal.
2) Terbatas hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama (tafaqohu fiddin) yang bersumber pada literature Islam klasik/ kitab.
3) Metode yang dipakai bandongan/ wetonan sorogan dan hafalan dalam bentuk nadzom.
4) Metode yang dipakai menggunakan sistem klasikal (madrasah), kurikulum mata pelajaran umum dan keterampilan yang dipadukan dengan agama.
5) Ijazah diperlukan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Yang merupakan ciri-ciri pesantren khalaf adalah ....
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 5
D. 1, 3, dan 4
E. 1, 2, dan 5
8. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri pesantren perpaduan pondok salaf dan khalaf adalah kecuali ....
a. Di samping mengajarkan ilmu agama yang bersumber dari kitab kuning, juga mengajarkan ilmu pengetahuan umum.
b. Di samping pembelajaran meng- guna kan metode bandongan/sorogan , hafalan , juga menggunakan metode-metode pembelajaran modern seperti: diskusi, ceramah, presentasi, dsb.
c. Disamping santri dibiasakan bersifat kesalehan ritual individual, juga menumbuhkan kesalehan sosial.
d. Sosok kiai sebagai pemimpin kharismatik yang dapat dijadikan sebagai panutan para santri dan peduli terhadap kehidupan masyarakat serta pengayom baik tikngkat local regional maupun global.
e. Alumni santri boleh kembali ke daerah (tempat asal) untuk melakukan pembaruan kehidupan, sehingga daerah tersebut menjadi maju.
9. Berikut ini yang tidak termasuk pesantren salaf adalah ....
a. Pondok Pesantren Blok Agung Banyuwangi Jawa Timur
b. Pondok Pesantren Al Itqon Bugen Semarang
c. Pondok Pesantren Darussalam Watucongol Muntilan Magelang Jawa Tengah
d. Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen Demak
e. Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang Jawa Tengah
10. Sejarah lahirnya NU tidak dapat dipisahkan dari peran pesantren. Sebelum NU lahir, para ulama pesantren telah membentuk organisasi atau jamiah. Salah satu organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki ekonomi umat yaitu ....
a. Nahdatul Ilmi
b. Nahdatul Tujjar
c. Nahdatul Wathon
D. Nahdatul Syubban
E. Nahdatul Dzikri
11. Sebelum terbentuknya IPNU, para pemuda Nahdlatul Ulama telah tergabung ke dalam beberapa organisasi ke-NU-an yaitu, kecuali ....
A. tsamratul mustafidin
B. PERSANU
C. Ikatan Pelajar Seluruh Indonesia
D. ITNO (Ijtimatul Tholabah NO)
E. PERPENO
12. Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) dibentuk dalam berdiri penyelenggaraan konferensi Besar Ma’arif Seluruh Indonesia di Semarang tepatnya pada tanggal ....
A. 23 Februari 1954
B. 24 Februari 1954
C. 25 Februari 1954
D. 26 Februari 1954
E. 27 Februari 1954
13. Berikut ini yang tidak termasuk tokoh Nahdlatul Ulama yang mempelopori berdirinya IPNU adalah ....
A. Tholha Mansyur
B. M. Sofyan Cholil
C. Mustahal Achmad Masyhud
D. K.H. Ahmad Dahlan
E. A. Ghoni Farida
14. Yang merupakan pendiri dan Ketua Umum pertama Pimpinan Pusat IPPNU yaitu ....
A. Tholha Mansyur
B. M. Sofyan Cholil
C. Mustahal Achmad Masyhud
D. Umroh Mahfudzoh
E. A. Ghoni Farida
15. Arah perjuangan dan wawasan IPNU dan IPPNU antara lain, kecuali ....
A. Wawasan Kebangsaan
B. Wawasan Keislaman
C. Wawasan Keilmuan
D. Wawasan Kepolitikan
E. Wawasan Kekaderan
16. Wawasan kebangsaaan organisasi IPNU dan IPPNU yaitu, kecuali ....
A. Berjiwa demokratis
B. mengakui keanekaragaman sosial budaya
C. menjujung tinggi persatuan dan kesatuan
D. menghargai harkat dan martabat manusia
E. amar makruf nahi munkar
17. Wawasan yang menempatkan organisasi dan anggota pada pemantapan diri sebagai pusat keutamaan pemberdayaan sumber daya manusia yang terdidik merupakan pengertian dari wawasan .... organisasi IPNU dan IPPNU.
A. Kebangsaan
B. Keislaman
C. Keilmuan
D. Kekaderan
E. Keterpelajaran
18. Organisasi IPNU dan IPPNU juga memiliki sistem pengkaderan. Sistem pengkaderan ini bertujuan untuk ….
A. Membentuk wadah organisasi yang mampu menghidupkan semangat pemuda NU
B. Mewujudkan organisasi yang merata dan luas
C. Menanamkan nilai-nilai agama kepada calon penerus organisasi
D. Mencetak kader-kader untuk melanjutkan estafet perjuangan organisasi
E. Memperbarui sistem organisasi agar lebih maju dan solid
19. Berikut ini yang tidak termasuk jenjang pengkaderan dalam IPNU-IPPNU antara lain ….
A. Makesta
B. Lakmud
C. Lakmad
D. Lakut
E. Lakat
20. Perhatikan permusyawaratan dalam organisasi IPNU dan IPPNU sebagai berikut!
1) Kongres
2) Konferensi Wilayah
3) Konferensi Cabang
4) Konferensi Anak Cabang
5) Rapat Anggota
Urutan permusyawaratan organisasi IPNU dan IPPNU dari pusat ke pimpinan paling bawah adalah ….
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 1 – 3 – 2 – 4 – 5
C. 1 – 4 – 5 – 3 – 2
D. 2 – 1 – 4 – 3 – 5
E. 3 – 1 – 5 – 2 – 4
21. Kata “qunut” berasal dari bahasa Arab yang secara bahasa memiliki arti, kecuali ….
A. merendahkan diri
B. tunduk atau ta’at kepada Allah SWT
C. berdiri tegak
D. diam
E. melaksanakan
22. Syeikh Nawawi al-Bantani menerangkan dalam kitab al-Tsimar al-Yani’ah bahwa Qunut adalah ….
A. dzikir-dzikir khusus yang mencakup atas doa dan pujian kepada Rasulullah SAW
B. dzikir-dzikir khusus yang mencakup atas doa dan pujian kepada Allah SWT.
C. dzikir-dzikir khusus yang mencakup atas doa dan pujian kepada para Nabi Allah SWT
D. dzikir-dzikir khusus yang mencakup atas doa dan pujian kepada Shabat Nabi Muhammad SAW
E. dzikir-dzikir khusus yang mencakup atas doa dan pujian kepada Waliyullah
23. Qunut nazilah dibaca setiap rakaat terakhir setelah … dalam shalat lima waktu.
A. Iktidal
B. Takbiratul ihram
C. Sujud
D. Ruku’
E. Salam
24. Qunut witir hanya dapat dilakukan selama shalat witir pada bulan suci ramadhan saja. Sehingga tidak ada shalat witir di luar bulan suci ramadhan. Hal ini merupakan pendapat ulama penganut ….
A. Imam Maliki
B. Imam Hambali
C. Imam Hanafi
D. Imam Ahmad
E. Imam Syafi’i
25. Ada beberapa hadis Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang anjuran melaksanakan doa qunut dalam shalat subuh di antaranya yaitu hadis yang diriwayatkan oleh, kecuali ….
A. Anas bin Malik
B. Ibnu Sirrin
C. Ibnu Abbas
D. Abu Hurairah
E. Siti Aisyah
26. Perhatikan hadis Rasulullah SAW berikut ini!
Hadis di atas berisi tentang anjuran untuk melaksanakan ….
A. Qunut Wajib
B. Qunut Sunnah
C. Qunut Subuh
D. Qunut Witir
E. Qunut Nazilah
27. Berikut ini yang tidak termasuk doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT dalam qunut adalah doa untuk ….
A. meminta petunjuk
B. memohon keselamatan
C. memohon diangkat derajatnya
D. memohon berkah
E. meminta perlindungan dari takdir buruk
28. Menurut Imam Syafi’i, pelaksanaan qunut, baik qunut shalat subuh, witir dan nazilah adalah ….
A. Fardu’ain
B. Sunnah
C. Mubah
D. Makruh
E. Haram
29. Berikut ini yang tidak termasuk manfaat membaca do’a qunut yaitu ….
A. memperoleh pahala
B. mendapat ketentraman hati
C. melestarikan sunah Nabi
D. menyempurnakan ibadah sholat
E. menambah derajat kemuliaan
30. Berikut ini manfaat utama melaksanakan qunut nazilah adalah ….
A. memperoleh pahala
B. memperoleh ketentraman hati
C. dihindarkan dari segala musibah
D. melestarikan sunah Nabi
E. menyempurnakan ibadah sholat
31. Berbagai sumber sejarah mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. Namun keberadaan para pemeluk ajaran Islam menjadi jelas pada abad ke-13 yang ditandai dengan ….
A. berdirinya kerajaan Samudra Pasai di Aceh
B. adanya perkampungan Arab di Pekalongan
C. terdapat prasasti peninggalan kerajaan Islam
D. keturunan bangsa Arab di Indonesia
E. bukti tertulis terkait hubungan diplomatic Islam
32. Muncul berbagai terori terkait tempat kedatangan Islam, para pembawanya, dan waktu kedatangannya di Indonesia. Berikut ini beberapa tokoh yang mendukung teori Gujarat adalah kecuali ….
A. Pijnappel
B. Snouck Horgronje
C. Stuterheim
D. Moquette
E. Hoesin Djajaningrat
33. Islam disebarkan melalui jalur perdagangan Indonesia- Cabay (India)- Timur Tengah-Eropa. Hal ini merupakan pendapat dari ….
A. Pijnappel
B. Snouck Horgronje
C. Stuterheim
D. Moquette
E. J.C. Van Leur
34. Tokoh pembangun teori Persia yang mengemukakan bahwa proses kedatangan Islam ke Indonesia berasal dari daerah Persia atau Parsi (sekarang Iran) adalah ….
A. Pijnappel
B. Hoesin Djajaningrat
C. Moquette
D. J.C. Van Leur
E. A. Hisyami
35. Berikut ini yang bukat merupakan bukti pendukung masukknya agama Islam di Indonesia berdasarkan Teori Persia adalah ….
A. kesamaan peringatan 10 Muharram
B. kesamaan ajaran wahdatul wujud
C. adanya kampung persia di wilayah Sumatera Barat
D. mayoritas umat Islam Indonesia bermadzhab Syafi’i sama dengan madzhab Muslim Malabar
E. Penggunaan istilah dalam tanda bunyi harakat dalam pengajian Al-Quran
36. Berikut ini yang tidak termasuk tokoh cendekiawan yang mendukung adanya Teori Arabia terkait masukknya agama Islam ke Indonesia adalah ….
A. Crawfurd
B. Keijzer
C. J.C. Van Leur
D. De Holander
E. Naquib Al-Attas
37. Paham Islam di Indonesia tidak terlepas dari ilmu tasawuf dan tokoh-tokoh sufistik di masanya. Berikut ini yang tidak termasuk tokoh tasawuf yang menjadi panutan bagi umat Islam Indonesia pada masanya adalah ….
A. Nuruddin Ar-Raniri
B. Abdurrauf Singkel
C. Hamzah Fansuri
D. Imam An-Nawawi
E. Syamsuddin As-Sumatrani
38. Madzhab Syafi’i mendominasi di Indonesia adalah dari kitab-kitab rujukannya. Salah satu kitab karya Imam Syafi’i di bidang fikih yang menjadi rujukan umat Islam adalah ….
A. Bidayatul Hidayah
B. Al-Umm
C. Aqidatul Awwam
D. Jami’u Ulumil Qur’an
E. Musnad Imam Syafi’i
39. Beliau merupakan penyerbar agama Islam pertama di Indonesia dan dikenal dengan Maulana Maghribi adalah ….
A. Sunan Gresik
B. Sunan Derajat
C. Sunan Ampel
D. Sunan Bonang
E. Sunan Kudus
40. Perhatikan wali songo dan nama kecilnya berikut ini!
A. Sunan Ampel |
1. Raden Rahmat |
B. Sunan Kudus |
2. Raden Paku |
C. Sunan Derajat |
3. Ja’far Shadiq |
D. Sunan Bonang |
4. Raden Prawoto |
E. Sunan Giri
|
5. Syarifuddin Hisyam |
Pasangan Wali Songo dan nama kecilnya yang sesuai adalah ….
A. A-1, B-3, & C-5
B. B-2, C-3, & D-1
C. C-4, D-5, & E-1
D. A-5, C-2, & E-3
E. A-5, B-3, & D-2
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!
1. Jelaskan peran serta pondok pesantren bagi perkembangan Nahdlatul Ulama di era modern ini!
2. Mengapa Nahdlatul Ulama perlu membentuk organisasi-organisasi, seperti IPNU dan IPPNU?
3. Di masa pandemic Covid-19, pak Ahmad selaku imam masjid senantiasa melaksanakan qunut di setiap shalat jum’at berjamaah. Apa jenis qunut yang dilakukan oleh pak Ahmad? Jelaskan!
4. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan teori tentang masukknya agama Islam ke Indonesia?
5. Jelaskan peran serta Wali Songo dalam penyebaran agama Islam di Indonesia!
Demikian, Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Aswaja atau Ke-NU-an Semester 1 Kelas X SMA/MA/MAK Kurikulum 2013 yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bahan belajar atau penilaian. Terima kasih : )
Posting Komentar
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."