Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1


    edusharing01.blogspot.com
    Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD)
    Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1




    Hi, sobat!
    Pada kesempatan kali ini, kami sajikan materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1. Yuk simak materinya berikut ini!

    Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas I

    KI.1 Sikap Spiritual

    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

    Kompetensi Dasar

    1.1 Menerima kebenaran dua kalimah syahadat.
    1.2 Menerima kebenaran Allah Swt. melalui kalimat Thayyibah (Basmalah).
    1.3 Menerima kebesaran Allah Swt melalui Al Asma’ul Husna.
    1.4 Menjalankan perintah Allah Swt. untuk hidup sehat dan bersih.
    1.5 Menjalankan nilai-nilai Islami ketika ke kamar mandi, mandi dan berpakaian.
    1.6 Menjalankan keteladaan sifat Nabi Muhammad Saw.
    1.7 Menjalankan nilai-nilai kasih sayang sebagai implementasi dari ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim
    1.8 Menerima kebenaran rukun iman
    1.9 Menerima nilai-nilai Islami dalam belajar
    1.10 Menerima perintah Allah Swt untuk hormat, kasih sayang dan sopan santun terhadap orang tua dan guru
    1.11 Menjalankan perintah Allah Swt. untuk berkata baik, berkata jujur dan budaya antri

    KI.2 Sikap Sosial

    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.

    Kompetensi Dasar

    2.1 Menjalankan perilaku teguh pendirian sebagai aktualisasi dari mempelajari makna dua kalimah syahadat.
    2.2 Menjalankan sikap patuh dan memuliakan Allah Swt. dalam setiap perbuatan.
    2.3 Menjalankan sikap bertanggung jawab setelah mempelajari alAsma’ ul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
    2.4 Menunjukkan  perilaku  pola hidup sehat dan bersih  dalam kehidupan sehari-hari.
    2.5 Menunjukkan perilaku peduli terhadap kebersihan dan kerapihan diri.
    2.6 Memiliki sikap-sikap mulia sebagai implementasi meneladani kisah Nabi Muhammad saw.
    2.7 Menunjukkan  sifat  kasih sayang setelah mempelajari makna arRahmaan, dan ar- Rahiim
    2.8 Menjalankan sikap jujur sebagai orang yang beriman
    2.9 Menunjukkan sikap tekun dan rajin sebagai implementasi dari pemahaman adab dalam belajar
    2.10 Menunjukkan sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun terhadap orang tua dan guru
    2.11 Menunjukkan perilaku  berkata baik, berkata jujur dan budaya antri dalam kehidupan sehari-hari

    KI.3 Pengetahuan

    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

    Kompetensi Dasar

    3.1Mengenal Allah Swt. melalui dua kalimah syahadat.
    3.2Menerapkan pengucapan kalimat Basmalah dan hamdalah dalam melakukan setiap perbuatan yang baik.
    3.3 Mengenal al-Asma’ul Husna.
    3.4 Menerapkan hidup sehat dan bersih.
    3.5 Menerapkan adab ke kamar mandi, mandi dan berpakaian.
    3.6 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw. 
    3.7 Memahami makna ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim
    3.8 Memahami enam rukun iman
    3.9 Menerapkan adab belajar
    3.10 Menerapkan sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun terhadap orang tua dan guru
    3.11 Menerapkan berkata baik, berkata jujur dan budaya antri dalam kehidupan sehari-hari

    KI.4 Keterampilan

    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

    Kompetensi Dasar

    4.1 Melafalkan dua kalimat syahadat dan artinya.
    4.2 Mempraktikkan pengucapan Basmalah dan hamdalah dalam melakukan setiap perbuatan yang baik.
    4.3 Mempraktikkan penyebutan al-Asma’ul Husna.
    4.4 Mempraktikkan hidup sehat dan bersih dalam kehidupan sehari-hari.
    4.5 Mempraktikkan adab ke kamar mandi, mandi dan berpakaian.
    4.6 Mengomunikasikan berbagai macam kisah sifat-sifat mulia Nabi Muhammad Saw.
    4.7 Menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah arRahmaan, dan ar-Rahiim
    4.8 Mengomunikasikan enam rukun iman
    4.9 Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar
    4.10 Mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun terhadap orang tua dan guru
    4.11 Mempraktikkan berkata baik, berkata jujur dan budaya antri dalam kehidupan sehari-hari

    SEMESTER I

    Bab I Dua Kalimat Syahadat
    Bab II Kalimat Thayyibah, Basmalah, dan Hamdalah 
    Bab III Mengenal Asmaul Husna 
    Bab IV Pola Hidup Sehat dan Bersih 
    Bab V Adab Mandi dan Berpakaian 
    Bab VI Kisah teladan Nabi Muhamad SAW

    SEMESTER II

    Bab VII Asmaul Husna ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim 
    Bab VIII Rukun Iman 
    Bab IX Adab Belajar 
    Bab X Sikap Hormat, Kasih Sayang, dan Sopan Santun 
    Bab XI Berkata Baik, Berperilaku Jujur dan Budaya Antri 

    Sumber:

    Ida Herlina. (2020). Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

    Demikian tadi Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan atau sumber belajar. Terima kasih.  

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Lebih baru Lebih lama