Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV |
Hi, sobat!
Pada kesempatan kali ini, kami sajikan materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 4. Yuk simak materinya berikut ini!
Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV
KI.1 Sikap Spiritual
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar (KD)
1.1. Menerima kebesaran Allah Swt. Melalui kalimat Subhaanallaah, Maasyaa Allah dan Allahu Akbar
1.2. Menerima kebesaran Allah Swt melalui asma Allah al- Malik, al-Aziiz dan al- Qudduus
1.3. Menerima kebenaran adanya kitab-kitab Allah Swt dan nabi pembawa risalahNya
1.4. Menjalankan perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari sebagai cerminan keimanan
1.5. Menjalankan perilaku sabar dan tabah dalam menghadapai cobaan sebagai sebagai cerminan iman
1.6. Menerima kebenaran Allah untuk menghindari sifat kikir dan kufur nikmat
1.7. Menjalankan mengucapkan salam adalah perintah Allah Swt
1.8. Menerima kebenaran keperkasaan Allah Swt dengan mengenal as-Salaam dan al-Mukmin
1.9. Menerima kebenaran adanya nabi dan rasul Allah Swt (yang 25)
1.10. Menerima kebenaran perintah Allah Swt untuk sabar dan taubat
1.11. Menjalankan adab bertamu dan berteman sebagai perintah. Allah Swt.
KI.2 Sikap Sosial
Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru tetangganya serta tanah air
Kompetensi Dasar (KD)
2.1. Menunjukkan sikap hormat dan berterimakasih sebagai dalam kehidupan
2.2. Menunjukkan perilaku peduli dan kerjasama sebagai implementasi setelah mempelajari al- Malik, al-Aziiz dan al-Qudduus
2.3. Menunjukkan sikap teguh pendirian dan amanah setelah mempelajari iman kepada kitab-kitab Allah Swt
2.4. Menjalankan sikap taat amanah dalam kehidupan sehari-hari
2.5. Menjalankan sikap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan sebagai implementasi dalam meneladani kisah Bilal bin Rabah
2.6. Menjalankan sikap pemurah dan syukur guna menghindari sifat kikir dan kufur nikmat
2.7. Menunjukkan perilaku menghargai orang lain sebagai cerminan dari mempelajari makna salam (Assalamu 'alaikum)
2.8. Menunjukkan perilaku sopan dan santun sebagai cerminan asma Allah as- Salaam dan al-Mukmin
2.9. Menunjukkan sikap jujur sebagai implementasi dari iman kepada nabi dan rasul Allah Swt.
2.10. Menunjukkan sikap amanah dan tanggung jawab sebagai cerminan dari memahami bahaya sifat munafik
2.11. Menunjukkan sikap peduli dan santun sebagai implementasi adab bertamu dan berteman perilaku sabar dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
KI.3 Pengetahuan
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami makna dan ketentuan penerapan kalimat: Subhanallah, Masya Allah dan Allahu Akbar.
3.2. Memahami makna al-Malik, al-Aziiz dan al- Qudduus
3.3. Memahami makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt
3.4. Menganalisis makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari
3.5. Memahami makna sikap tabah dan sabar menghadapi cobaan melalui kisah Bilal bin Rabah.
3.6. Memahami cara menghindari sifat kikir dan kufur nikmat dalam kisah Tsa'labah
3.7. Memahami makna dan ketentuan mengucapkan salam (Assalamu'alaikum)
3.8. Memahami makna Memahami makna as-Salaam dan al-Mukmin
3.9. Menerapkan Memahami makna iman kepada nabi dan rasul Allah Swt
3.10. Memahami makna nifak dan ciri-ciri sifat munafik
3.11. Memahami adab berteman melalui kisah persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash Shiddiq
KI.4 Keterampilan
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar (KD)
4.1. Mempraktikkan contoh penerapan kalimat Subhanallaah, Masya Allah dan Allahu Akbar dalam kehidupan sehari hari
4.2. Menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah al- Malik, al-Aziiz dan al-Qudduus
4.3. Mengomunikasikan nama-nama kitab Allah Swt beserta nabi yang membawa risalahnya
4.4. Mengomunikasikan contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari
4.5. Mengomunikasikan manfaat sikap tabah dan sabar menghadapi cobaan melalui kisah Bilal bin Rabah
4.6. Mengomunikasikan cara menghindari kikir dan kufur nikmat
4.7. Mengomunikasikan hikmah mengucapkan salam sesuai ketentuan syara
4.8. Menyajikan arti dan bukti sederhana as-Salaam dan al-Mukmin
4.9. Mengomunikasikan nama-nama nabi dan rasul Allah Swt beserta sifat wajib, mustahil dan jaiznya contoh akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari
4.10. Mengomunikasikan dampak negatif sifat munafik
4.11. Mengomunikasikan adab persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash-Shiddiq
Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV
SEMESTER I
BAB I INDAHNYA KALIMAT TAYYIBAH
A. Subhanallah
B. Masyaallah
C. Allahu Akbar
BAB II MENGENAL ALLAH MELALUI AL ASMAUL HUSNA
A. Mengenal sifat Allah Al-Malik
B. Mengenal sifat Allah Al-Qudduus
C. Mengenal sifat Allah Al Aziz
BAB III BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
A. Mengenal Kitab-Kitab Allah
B. Meyakini Kitab-Kitab Allah
BAB IV INDAHNYA BERPERILAKU AMANAH
A. Mengenal Sifat Amanah
B. Perilaku Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari
C. Hikmah Berperilaku Amanah
BAB V INDAHNYA BERPERILAKU TERPUJI
A. Kisah Bilal bin Rabbah
B. Sabar dan Tabah dalam Menghadapi Cobaan
BAB VI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA MELALUI KISAH TSA‟LABAH
A. Kisah Tsa‟labah
B. Mengambil Hikmah dari Kisah Tsa‟labah
SEMESTER II
BAB VII INDAHNYA KALIMAT THAYYIBAH ASSALAMU'ALAIKUM
A. Ayo Mengucapkan Salam
B. Waktu Mengucapkan salam
C. Keutamaan Mengucapkan Salam
BAB VIII MENGENAL ALLAH MELALUI AL ASMAUL HUSNA
A. Mengenal Sifat As Salaam
B. Mengenal Sifat Al Mukmin
BAB IX BERIMAN KEPADA NABI DAN RASUL ALLAH
A. Makna Beriman Kepada Nabi dan Rasul Allah
B. Tugas, Sifat dan Cara Beriman Kepada Nabi dan Rasul
BAB X MENGHINDARI AKHLAK TERCELA NIFAK
A. Mengetahui Sifat Nifak
B. Mari Menghindari Sifat Nifak
BAB XI INDAHNYA BERPERILAKU TERPUJI
A. Kisah Persahabatan Abu Bakar As Sidiq dan Rasulullah Saw
B. Adab Bergaul Terhadap Teman dalam Kehidupan Sehari hari
Sumber
Subkhiatin Noor. (2020). Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 4. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI
Demikian tadi Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 4. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan atau sumber belajar. Terima kasih.
Posting Komentar
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."