Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) dan Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 5


    Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) dan
    Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V



    Hi, sobat!
    Pada kesempatan kali ini, kami sajikan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) dan Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Yuk simak materinya berikut ini!

    Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V

    KI.1 Sikap Spiritual

    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

    Kompetensi Dasar (KD)

    1.1 Menerima kebesaran Allah Swt. melalui kalimat hauqalah (Laa haula walaa quwwata illa billaah hil’aliyyil adhiim)
    1.2 Menerima kebesaran Allah Swt dengan mengenal al-Asma‟ al-Husna (al Qowiyy, al Qayyum)
    1.3 Menerima kebenaran adanya hari akhir (kiamat)
    1.4 Menjalankan adab bertamu sebagai cermin keimanan kepada Allah Swt.
    1.5 Menerima kebenaran sikap teguh pendirian, dermawan, dan tawakal sebagai perintah Allah Swt.
    1.6 Menerima kebesaran Allah Swt. melalui kalimat Tayyibah Tarji’
    1.7 Menghayati kebesaran Allah Swt. dengan mengenal al Asma’ al Husna (al Muhyi, al Mumith dan al Baa’its)
    1.8 Menerima kebenaran adanya alam Barzah
    1.9 Mengamalkan sifat disiplin dan mandiri sebagai perintah Allah Swt.
    1.10 Menghayati dampak keburukan sifat serakah, putus asa, dan kikir sebagai bentuk larangan Allah Swt.

    KI.2 Sikap Sosial

    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

    Kompetensi Dasar (KD)

    2.1 Menunjukkan sikap teguh pendirian sebagai cerminan dari mempelajari makna kalimat hauqalah (Laa haula walaa quwwata illa billaah hil`aliyyil adhiim)
    2.2 Menjalankan perilaku mandiri yang mencerminkan al-Asma’ al-Husna (al Qowiyy, al Qayyum)
    2.3 Menunjukkan sikap patuh dan mawas diri sebagai wujud iman kepada hari akhir (kiamat)
    2.4 Menunjukkan sikap hormat dan toleran sebagai implementasi mempelajari adab bertamu
    2.5 Menunjukkan sikap teguh pendirian, dermawan, dan tawakkal yang diteladani dari kisah keteladanan Nabi Ibrahim As.
    2.6 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab sebagai wujud mempelajari makna kalimat tarji’ (inna lillahi wainna ilaihi raji‟un)
    2.7 Menjalankan sikap peduli yang mencerminkan al Asma’ al Husna (al Muhyi, al Mumith dan al Baa’its)
    2.8 Menjalankan sikap tanggung jawab dan mawas diri sebagai wujud beriman adanya alam Barzah
    2.9 Menjalankan sifat sifat disiplin dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari
    2.10 Menjalankan sikap sungguh-sungguh sebagai wujud menghindari sifat serakah, dan kikir dalam kehidupan sehari-hari

    KI.3 Pengetahuan

    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

    Kompetensi Dasar (KD)

    3.1 Memahami makna dan ketentuan penerapan kalimat hauqalah (Laa haula walaa quwwata illa billaah hil ‘aliyyil adhiim)
    3.2. Memahami makna al-Asma’ al- Husna (al Qowiyy, al Qayyum)
    3.3 Menganalisis makna iman kepada hari akhir (kiamat)
    3.4 Menerapkan adab bertamu
    3.5 Memahami sikap teguh pendirian, dermawan, dan tawakkal melalui kisah Nabi Ibrahim As.
    3.6 Memahami makna dan ketentuan penerapan kalimat tarji’ (inna lillahi wainna ilaihi raji’un)
    3.7 Memahami al Asma’ al Husna (al Muhyi, al Mumith dan al Baa‟its) dan artinya
    3.8 Menganalisis makna alam barzah atau alam kubur
    3.9 Menerapkan sifat disiplin dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari
    3.10 Memahami akhlak tercela serakah, dan kikir melalui kisah Qarun dan cara menghindarinya

    KI.4 Keterampilan

    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

    Kompetensi Dasar (KD)

    4.1 Mengomunikasikan contoh penerapan kalimat hauqalah (Laa haula walaa quwwata illa billaah hil ‘aliyyil adhiim) dan artinya dalam kehidupan sehari-hari
    4.2 Menyajikan arti dan bukti sederhana al- Asma’ al-Husna (al Qowiyy, al Qayyum)
    4.3 Mengomunikasikan tanda-tanda dan hikmah iman kepada hari akhir (kiamat)
    4.4 Mempraktikkan adab bertamu
    4.5 Menyajikan contoh sikap teguh pendirian, dermawan, dan tawakkal melalui kisah Nabi Ibrahim As.
    4.6 Menghafalkan bacaan dan arti kalimat tarji’ (inna lillahi wainna ilaihi raji’un)
    4.7 Menyajikan arti dan bukti sederhana al Asma’ al Husna (al Muhyi, al Mumith dan al Baa’its)
    4.8 Mengomunikasikan gambaran kehidupan di alam Barzah
    4.9 Menyajikan contoh cara menerapkan sifat disiplin dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari
    4.10 Menyajikan contoh cara menghindari sifat serakah, dan kikir dalam kehidupan sehari-hari


    Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V

    SEMESTER I

    BAB I MEMOHON PERTOLONGAN ALLAH SWT DENGAN KALIMAT TAYYIBAH HAUQALAH 
    A. Mengenal Kalimat Tayyibah Hauqalah
    B. Mengucapkan Kalimat Tayyibah Hauqalah
    C. Waktu Mengucapkan Kalimat Tayyibah Hauqalah
    D. Hikmah Mengucapkan Kalimat Tayyibah Hauqalah

    BAB II MENGENAL ALLAH SWT MELALUI ASMAUL HUSNA
    A. Mengenal Sifat Al-Qawiyy
    1. Pengertian Al-Qawiyy
    2. Hikmah Mengimani Al-Qawiyy
    B. Mengenal Sifat Al-Qayyum
    1. Pengertian Al-Qayyum
    2. Hikmah Mengimani Al-Qayyum

    BAB III IMAN KEPADA HARI AKHIR
    A. Mari Mengenal Hari Akhir
    B. Mengenal Nama-Nama Hari Akhir
    C. Mengenal Tanda-Tanda Hari Akhir
    D. Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

    BAB IV INDAHNYA BERPERILAKU TERPUJI KETIKA BERTAMU
    A. Adab Bertamu
    B. Waktu Bertamu
    C. Hikmah Bertamu

    BAB V BERHIAS DIRI DENGAN AKHLAK TERPUJI
    A. Kisah Keteguhan nabi Ibrahim As
    B. Mari Teguh Pendirian
    C. Mari Bersifat Dermawan
    D. Ayo Tawakkal Kepada Allah Swt

    PENILAIAN AKHIR SEMESTER


    SEMESTER II

    BAB VI MARI MENGINGAT ALLAH SWT MELALUI KALIMAT TARJI‟
    A. Mengenal Kalimat Tayyibah Tarji’
    B. Terbiasa Mengucapkan Tayyibah Kalimat Tarji’
    C. Bersabar Dalam Menghadapi Musibah
    D. Hikmah Mengucapkan Kalimat Tarji’

    BAB VII MENGENAL ALLAH SWT MELALUI ASMAUL HUSNA
    A. Mengenal Sifat Allah Al-Muhyi
    1. Pengertian al-Muhyi
    2. Hikmah mengimani al-Muhyi
    B. Mengenal Sifat Allah Al-Mumiit
    1. Pengertian al-Mumit
    2. Hikmah mengimani al-Mumit
    C. Mengenal Sifat Allah Al-Baa’its
    1. Pengertian al-Baa’its
    2. Hikmah mengimani al-Baa’its

    BAB VIII MAKNA ALAM BARZAH ATAU ALAM KUBUR
    A. Mari Mengenal Makna Alam Barzah atau Alam Kubur
    B. Hikmah Mengenal Alam Barzah atau Alam Kubur

    BAB IX INDAHNYA BERAKHLAK TERPUJI
    A. Mari Bersikap Disiplin
    B. Mari Bersikap Mandiri

    BAB X MENGHINDARI AKHLAK TERCELA
    A. Mari Menghindari Sifat Serakah
    B. Mari Menghindari Sifat kikir
    C. Ayo Membaca Kisah Qarun

    PENILAIAN AKHIR TAHUN


    Sumber:

    Mahdum. (2020). Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

    Demikian tadi Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) dan Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan atau sumber belajar. Terima kasih.

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Lebih baru Lebih lama