Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) dan Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 6


    Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) dan
    Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI



    Hi, sobat!
    Pada kesempatan kali ini, kami sajikan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) dan Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. Yuk simak materinya berikut ini!

    Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI

    KI.1 Sikap Spiritual

    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

    Kompetensi Dasar (KD)

    1.1. Menerima kebesaran Allah Swt. melalui Istigfar.
    1.2. Menerima kebesaran Allah Swt. dengan mengenal asma Allah al- Ghaffaar dan al-‘Afuww
    1.3. Menerima adanya ketentuan Allah melalui Qada dan Kadar-Nya.
    1.4. Menerima kebenaran perintah Allah Swt untuk memiliki sikap pemaaf, tanggung jawab, adil, dan bijaksana
    1.5. Menerima kebenaran larangan Allah terhadap sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih
    1.6. Menerima kebesaran dan keesaan Allah Swt. melalui kalimat Tahlil (laa ilaaha illa Allaah)
    1.7. Menerima kebesaran Allah Swt. dengan mengenal al-Wahid, al-Ahad dan ash- Shamad
    1.8. Menghayati akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam hidup sehari- hari
    1.9. Menerima kebenaran perintah Allah Swt. untuk sabar dan taubat


    KI.2 Sikap Sosial:

    Menerima, menjalankan, dan menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

    Kompetensi Dasar (KD

    2.1. Menunjukkan sikap rendah hati dan pemaaf sebagai wujud implementasi Istigfar
    2.2. Menunjukkan sikap pemaaf yang mencerminkan asma Allah al- Ghaffaar dan al-‘Afuww
    2.3. Menunjukkan sikap patuh dan tanggung jawab sebagai wujud mempelajari iman kepada Qada` dan Kadar Allah Swt.
    2.4. Menunjukkan sifat pemaaf, tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
    2.5. Menunjukkan sikap sabar sebagai wujud memahami sifat tercela pemarah, fasik, dan pilih kasih
    2.6. Menunjukkan sikap taat dan ikhlas sebagai wujud setelah mempelajari makna kalimat Tahlil (laa ilaaha illa Allaah) sesuai ketentuan syar’i
    2.7. Menunjukkan perilaku teguh pendirian yang mencerminkan asma Allah al-Wahid, al-Ahad dan ash- Shamad
    2.8. Menunjukkan kasih sayang dan peduli terhadap binatang dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari
    2.9. Menunjukkan perilaku sabar dan taubat dalam kehidupan sehari-hari


    KI.3 Pengetahuan:

    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di madrasah dan tempat bermain.

    Kompetensi Dasar (KD)

    3.1. Memahami makna dan ketentuan Istigfar
    3.2. Memahami makna al-Ghaffaar dan al-‘Afuww
    3.3. Menganalisis iman kepada Qada dan Kadar Allah Swt
    3.4. Menerapkan sifat pemaaf, tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
    3.5. Memahami makna dan implikasi sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih serta cara menghindarinya
    3.6. Memahami makna dan keutamaan kalimat Tahlil (laa ilaaha illa Allaah)
    3.7. Memahami makna al-Wahid, al-Ahad dan ash-Shamad
    3.8. Menerapkan akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan
    3.9. Memahami makna dan hikmah sifat sabar dan taubat yang dicontohkan Nabi Ayub As.


    KI.4 Keterampilan:

    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

    Kompetensi Dasar (KD)

    4.1. Mengomunikasikan arti dan hikmah Istigfar
    4.2. Menyajikan arti dan bukti sederhana al-Ghaffaar dan al-’Afuww
    4.3. Menyajikan contoh Qada dan Kadar dalam kehidupan sehari-hari
    4.4. Mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan sifat pemaaf, tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
    4.5. Menyajikan contoh cara menghindari sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih
    4.6. Mengomunikasikan arti dan hikmah kalimat Tahlil (laa ilaaha illa Allaah)
    4.7. Menyajikan arti dan bukti sederhana tentang asma Allah al-Wahid, al-Ahad dan ash- Shamad
    4.8. Menyajikan contoh akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari
    4.9. Mengomunikasikan kisah Nabi Ayub As. sebagai rujukan dalam meneladani sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehari- hari


    Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI

    SEMESTER I

    BAB I BERSIHKAN HATI DENGAN MEMOHON AMPUN
    A. Pengertian Istigfar
    B. Luasnya Ampunan Allah Swt.
    C. Hikmah Istigfar
    D. Rendah Hati dan Pemaaf

    BAB II MENGENAL ALLAH MELALUI ASMAUL HUSNA
    A. Mengenal Sifat al-Ghaffar
    B. Mengenal Sifat al-Afuww
    C. Perbedaan al-Ghaffar dan al-Afuww
    D. Hikmah al-Ghaffar dan al-Afuww

    BAB III QADA DAN KADAR-KU
    A. Pengertian dan Perbedaan Qada dan Kadar Allah Swt.
    B. Dalil Qada dan Kadar Allah Swt.
    C. Teladan Qada dan Kadar Allah Swt.
    D. Hikmah Beriman terhadap Qada dan Kadar

    BAB IV AKHLAK-KU
    A. Pemaaf
    B. Tanggung jawab
    C. Adil
    D. Bijaksana

    BAB V JAUHILAH AKHLAK TERCELA
    A. Pemarah
    B. Fasik
    C. Pilih Kasih

    PENILAIAN AKHIR SEMESTER


    SEMESTER II

    BAB VI ALLAH TUHAN-KU
    A. Pengertian Tahlil
    B. Keutamaan Kalimat Tahlil
    C. Hikmah Kalimat Tahlil

    BAB VII MENGENAL ALLAH MELALUI ASMAUL HUSNA
    A. Al-Wahid
    B. Al-Ahad
    C. As-Shamad
    D. Hikmah al-Wahid, al-Ahad, dan as-Shamad

    BAB VIII ALAM-KU
    A. Lingkungan Ciptaan Allah Swt.
    B. Kasih Sayang Terhadap Binatang
    C. Kasih Sayang Terhadap Tumbuhan

    BAB IX TELADANKU
    A. Bentuk Ujian Nabi Ayyub As
    B. Sikap Istri dan Saudara Nabi Ayyub As.
    C. Buah Dari Kesabaran

    PENILAIAN AKHIR TAHUN


    Sumber:

    Ahmad Syauqil Adib. (2020). Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

    Demikian tadi Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) dan Materi Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan atau sumber belajar. Terima kasih.

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Lebih baru Lebih lama